SOLOPOS.COM - Ridwan Kamil menerima pemberian kue ulang tahun dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Suara.com-Tangkapan Layar)

Solopos.com, BALI — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akrab disapa Kang Emil menjawab peluangnya mau pada Pilpres 2024. Hal ini disampaikannya saat menjadi pengisi acara Workshop Nasional Partai Amanat Nasional (PAN) di Bali.

Awalnya, di hadapan kader PAN, Kang Emil berbicara soal ada tiga dasar kepemimpinan dalam agama yang dipeluk.

Promosi Jangkau Level Grassroot, Pembiayaan Makro & Ultra Mikro BRI Capai Rp622,6 T

Pertama, ia mengatakan menjadi pemimpin itu atas dasar kehendak Allah, seperti dirinya ditakdirkan menjadi Gubernur Jawa Barat.

Baca Juga: Luhut B. Pandjaitan, Menteri dengan Seabrek Jabatan. Apa Saja?

Kemudian Emil menjawab soal peluangnya untuk maju bertarung di Pilpres 2024. Menurutnya ia siap maju jika ada pintu terbuka dari Partai Politik yang akan mendukung.

“Allah jadi kan saya Gubenur Jabar karena Allah kehendaki. Allah akan berhentikan juga karena Allah kehendaki. Jadi 2024, di mana takdir saya jemput tidak jadi tidak masalah. Tapi kalau ada sebuah pintu terbuka, misalnya dari partai PAN saya bismillah, hehe,” kata Kang Emil dalam acara tersebut.

Kang Emil mengatakan, jika Allah tak menghendaki dirinya maju juga dirinya akan legawa atau tidak akan mempermasalahkan. Kemudian Emil melanjutkan dua dasar kepemimpinan berdasarkan agamanya.

Menurutnya, pemimpin itu harus bisa bermanfaat bagi sesama manusia. Kemudian yang selanjutnya pemimpin itu harus mempunyai niat ibadah.

Baca juga: Event di Sirkuit Mandalika, Ekonom: Industri Angkutan Udara Bangkit

Lebih lanjut, Emil mengatakan, dirinya sudah terbiasa bertarung. Ia menceritakan kala maju di Pilgub dirinya banyak menghadapi calon-calon kuat dengan latar belakang Jenderal.

Kang Emil juga memamerkan dirinya sebagai Gubernur bisa memimpin 50 juta warga. Hal itu disebutnya setara dengan memimpin negara Korea Selatan yang jumlah penduduknya 51 juta jiwa.

“Tapi ibu ngasih nasehat terakhir kemarin keluar fatwanya. Bahwa menurut ibu kamu ini berhasil anak ku kalau mengisi ruang kosong itu bahasanya. Saya juga enggak ngerti maksudnya tapi yang saya pahami pak waktu walikota, walikotanya udah dua kali inkumben saya menang. Waktu pilgub pak Aher dua kali saya masuk menang. Kira-kira begitu. Itu yang dimaksud nasehat ibunda saya dalam terawangan ibu,” tandasnya.

Baca juga: Kritik Pemerintah, Partai Ummat: Konflik Agraria Sangat Parah!

Gubernur Indonesia

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN Zulkifli Hasan menyerahkan kue ulang tahun pada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Yakni dalam acara Workshop Nasional DPP PAN di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (5/10/2021).

Ridwan Kamil sendiri pada Selasa (4/10/2021) kemarin genap berusia 50 tahun. Ia datang di acara PAN di Bali untuk menjadi pembicara dalam kegiatan Workshop Nasional DPP PAN.

“Ini Kang Emil ulang tahun yang ke-50. Happy birthday Kang Emil, doa kami semua kader sehat selalu, lebih sukses lagi,” ujar Zulkifli Hasan dikutip dari akun Instagram @_ghiiinaaa, Selasa (5/10/2021).

“Ini Gubernur Jawa Barat, insya Allah jadi Gubernur Indonesia,” lanjutnya seperti dikutip dari Suara.com.

Ridwan Kamil membalas ucapan tersebut dengan mengatakan jika PAN merupakan satu-satunya partai politik yang merayakan ulang tahun dirinya. “Nanti kalau PAN ulang tahun di Jawa Barat, insya Allah saya dukung lahir batin,” kata Ridwan Kamil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya