SOLOPOS.COM - Masyarakat memadati Yogyakarta International Airport. Senin (8/4/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, YOGYAKARTA—Sejumlah 23.000 pemudik diperkirakan memadati Yogyakarta International Airport selama periode 3-21 April 2024. Maskapai penerbangan Garuda Indonesia memastikan kenyamanan para penumpang.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Pantauan Tim Ekspedisi Mudik Solopos 2024, sejumlah penumpang berdatangan dari berbagai daerah. General Manager Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta, Ida Ayu Krisna Dewi, mengatakan puncak arus mudik di bandara YIA terjadi pada Sabtu (6/4/2024).

“Jumlah pemudik kami perkirakan pulang pergi ada 23.000 orang dari 3 April sampai 21 April 2024. Sedangkan hari ini sudah ada 4.900 orang yang berangkat, kemudian yang datang ada 10.000 orang,” kata dia kepada Tim Ekspedisi Mudik 2024, Senin (8/4/2024).

Ida memastikan dalam menyambut para pemudik pihaknya telah mempersiapkan pelayanan yang prima dengan kondisi pesawat laik. “Kemudian krunya juga dalam kondisi prima dan siap melayani costumer dengan aman dan nyaman,” lanjut dia.

Dia mengatakan tidak ada penambahan petugas di YIA. Meski begitu dia memastikan jumlah petugas sudah lebih dari cukup.

Selain itu, Ida Ayu Krisna Dewi menyebut tingkat pertumbuhan trafik mengalami peningkatan jika dibanding dengan tahun lalu sebesar 2,4%. Sedangkan rute favorit yakni Yogyakarta-Jakarta.

“Sehingga kami per hari melayani penerbangan Yogyakarta-Jakarta lima kali. Kalau harga tiket tidak ada kenaikan, masih sama,” kata dia. Sedangkan destinasi favorit selain Jakarta yakni Denpasar, Batam, Medan, dan Tanjung Pinang.

Dilansir Harian Jogja, General Manager PT Angkasa Pura I, Ruly Artha, menjelaskan Bandara YIA memastikan seluruh layanannya selama Lebaran ini optimal.

“Kami pun akan memastikan operasional bandara dijalankan dengan prinsip 3S+1C [Safety, Security, Services, and Compliance] untuk mendukung pemerintah dalam memastikan dan mewujudkan mudik dan perjalanan yang aman, nyaman, dan sehat,” jelas Ruly.

Ruly menyebut rute paling banyak selama tiga hari arus mudik terakhir di Bandara YIA terjadi ke Jakarta lewat Bandara Soekarno-Hatta (CGK) dan Denpasar. Tercatat 4.568 orang menggunakan rute Jakarta CGK dan 2.050 orang menggunakan rute Denpasar.

Terdapat pula rute menuju Balikpapan dengan 1.912 orang penumpang, rute Makassar dengan 1.712 orang, dan Jakarta lewat Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) sebanyak 1.169 orang penumpang.

“Kami juga terus mengimbau kepada pengguna jasa bandara untuk selalu menjaga kondisi kesehatan demi kenyamanan dan kesehatan bersama. Semoga arus mudik dan balik Lebaran selalu berjalan dengan baik dan lancar,” kata dia.

Ekspedisi Mudik 2024 merupakan program yang diselenggarakan oleh Solopos Media Group. Program ini juga didukung oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Pertamina, Garuda Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Jateng&DIY, Eiger Adventure, dan Astra Daihatsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya