SOLOPOS.COM - Ribuan muslim memadati halaman Edutorium UMS untuk menjalankan Salat Iduladha 1445 Hijriyah, pada 10 Dzulhijjah bertepatan dengan Senin (17/6/2024).(Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merayakan momen Iduladha 1445 Hijriyah, dengan mengadakan Salat Iduladha di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS pada 10 Dzulhijjah bertepatan dengan Senin (17/6/2024).

Ribuan jemaah dari tenaga pendidik (Tendik), mahasiswa serta masyarakat umum memadati halaman Edutorium UMS.

Promosi 50 Jurnalis Peroleh Beasiswa S2 dari BRI Fellowship Journalism 2024

Prof. Dr. dr. Em Sutrisna, M. Kes., selaku imam sekaligus khatib pada pelaksanaan Salat Id tersebut, menyampaikan bahwa Iduladha menjadi momentum persatuan dan persaudaraan muslim seluruh dunia.

“Rasulullah bersabda, muslim itu adalah saudara dengan muslim yang lain, jangan berbuat aniaya, jangan membiarkannya teraniaya. Maka orang yang melonggarkan satu kesulitan orang muslim, Allah akan melonggarkan kesulitannya,” tutur Em Sutrisna.

Umat Islam menjalankan Salat Iduladha 1445 Hijriyah, pada 10 Dzulhijjah bertepatan dengan Senin (17/6/2024) di halaman Edutorium UMS, Salat Iduladha.(Istimewa)
Umat Islam menjalankan Salat Iduladha 1445 Hijriyah, pada 10 Dzulhijjah bertepatan dengan Senin (17/6/2024) di halaman Edutorium UMS, Salat Iduladha.(Istimewa)

Dia juga meyampaikan musibah yang terjadi pada saudara muslim di Palestina dan di belahan bumi lain, harus menjadi perhatian muslim termasuk UMS, yakni dengan memberikan bantuan berupa donasi dan doa.

Em Sutrisna melanjutkan esensi berkurban adalah meninggalkan kesenangan nafsu syahwat, dalam ketaatan kepada Allah, dengan cara menyembelih hewan kurban.

“Ketika kita lihat Ibrahim yang sangat mencintai anaknya Ismail, maka Allah uji dia dengan dikurbankannya Ismail. Sementara Allah perintahkan kita untuk mengurbankan harta benda kecintaan kita, dengan membeli hewan kurban yang disembelih pada Iduladha,” jelasnya.

Sementara penyembelihan hewan kurban UMS akan dilaksanakan pada hari berikutnya, Selasa (17/6/2024) atau 11 Dzulhijjah, yang juga akan dilaksanakan pengajian Al-Ma’un.

“UMS punya tradisi menyembelih kurban di hari berikutnya, untuk pembagiannya akan dilaksanakan setelah pengajian Al-Ma’un pada sore harinya. Kita utamakan untuk teman-teman cleaning service, satpam, tukang parkir dan lain-lain,” ucap Nurgiyatna selaku Ketua Gema Kampus Ramadan (GKR) 1445 H dalam keterangan tertulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya