SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana dalam suatu kunjungan ke Beijing, beberapa waktu lalu. (Setkab)

Solopos.com, JAKARTA – Istana Kepresidenan buka suara mengenai narasi pemakzulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dilakukan oleh sejumlah tokoh yang tergabung dalam Petisi 100.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan aksi dari Petisi 100 yang menyampaikan permintaan pemakzulan itu ke Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md adalah tindakan inkonstutusional.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Menurutnya, dalam negara demokrasi menyampaikan pendapat, kritik atau bahkan memiliki mimpi-mimpi politik adalah hal yang sah.

Apalagi saat ini Indonesia tengah memasuki tahun politik, sehingga akan ada pihak yang mengambil kesempatan dan menggunakan narasi pemakzulan Presiden untuk kepentingan politik elektoral. Namun, menurutnya tindakan itu tak patut dilakukan.

“Terkait pemakzulan Presiden, mekanismenya sudah diatur dalam Konstitusi. Koridornya juga jelas, harus melibatkan lembaga-lembaga negara [DPR, MK, MPR], dengan syarat-syarat yang ketat. Di luar itu adalah tindakan inkonstitusional,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (12/1/2024).

Terkait tuduhan kecurangan Pemilu 2024, dia melanjutkan bahwa klaim itu juga harus diuji dan dibuktikan dalam mekanisme yang sudah diatur dalam Undang-undang UU.

Penyebabnya, Ari mengatakan bahwa berdasarkan UU, Bawaslu dibentuk untuk mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilu, menerima aduan, menangani kasus pelanggaran administratif Pemilu serta pelanggaran pidana Pemilu berdasarkan tingkatan sesuai peraturan perundang-undangan.

Dia melanjutkan bahwa dalam dinamika politik menjelang Pemilu 2024, Presiden Ke-7 RI itu terus bekerja untuk memimpin pemerintahan sampai akhir masa jabatan.

Menurutnya, justru saat ini dukungan rakyat menjadi energi bagi presiden dan kabinetnya untuk menuntaskan program prioritas pemerintahan agar dampaknya makin dirasakan oleh masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air.

“Pada tahun terakhir, periode kedua pemerintahannya, kepercayaan, dukungan dan kepuasan rakyat kepada Presiden Jokowi justru menguat. Ini bisa dilihat dari hasil survei dari lembaga survei kredibel, tingkat kepuasan atas kinerja Presiden Jokowi masih tetap tinggi, diatas 75%” pungkas Ari.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Istana Respons Narasi Pemakzulan Jokowi oleh Petisi 100”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya