SOLOPOS.COM - Persidangan pengujian Undang-Undang Pemilihan Umum (UU Pemilu) digelar secara luring dan dipimpin oleh Hakim Konstitusi Suhartoyo dengan didampingi Hakim Konstitusi Daniel Yusmic P. Foekh dan M. Guntur Hamzah. (Istimewa/Humas MK/Panji)

Solopos.com, JAKARTA – Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo resmi menjadi Ketua MK menggantikan Anwar Usman dalam rapat pleno hari ini, Kamis (9/11/2023). 

“Yang disepakati dari hasil kami tadi untuk menjadi ketua MK ke depan adalah Bapak Dr. Suhartoyo,” kata Hakim Konstitusi Saldi Isra di Gedung MK, Jakarta Pusat, dilansir Bisnis.com.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Menurutnya, hasil tersebut diperoleh dari 9 hakim MK yang sudah bermusyawarah, dengan masing-masing hakim pada awalnya menyebut nama yang diinginkan jadi ketua. 

Forum tersebut kemudian memunculkan dua nama yakni dirinya sendiri dan Suhartoyo, yang kemudian disepakati oleh seluruh hakim untuk menggantikan Anwar Usman. 

“Dan saya tetap jalankan tugas sebagai wakil ketua,” lanjut Saldi. 

Sebagai informasi, sembilan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dikabarkan hadir dalam rapat pleno pemilihan Ketua MK pengganti Anwar Usman pada hari ini, Kamis (9/11/2023). 

Pemilihan ini merupakan amanat dari Putusan Majelis Kehormatan MK (MKMK) Nomor 2/MKMK/L/11/2023, yang mencopot Anwar dari jabatannya karena terbukti melanggar pedoman etik dan kekuasaan kehakiman dalam memutus perkara batas usia capres-cawapres. 

“[9 hakim konstitusi] hadir, lengkap,” kata Plt Karo Humas Dan Protokol MK Budi Wijayanto, Kamis (9/11/2023). 

Dia kemudian menjelaskan bahwa tidak ada batasan durasi terkait rapat pleno tersebut, dan akan selesai apabila telah tercapai mufakat dalam musyawarah.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Resmi! Suhartoyo Terpilih Jadi Ketua MK Gantikan Anwar Usman”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya