SOLOPOS.COM - Gerbang belakang kampus UNS Solo. (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO—Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo resmi mengeluarkan jadwal jalur seleksi Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru 2024/2025. 

Seperti diberitakan sebelumnya Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Ahmad Yunus, mengatakan terdapat tiga jalur Mandiri yang dibuka oleh UNS yakni Reguler, Kemitraan, dan Afirmasi.

Promosi Penyaluran KUR BRI hingga Akhir April 2024 Capai Rp59,96 Triliun

“Terdapat perubahan jika dibandingkan tahun lalu, tahun ini seleksi mandiri terdapat beberapa jalur, yakni jalur Reguler, jalur Kemitraan, dan jalur Afirmasi,” kata dia dalam acara UNS Open Days 2024, disiarkan kanal YouTube SPMB UNS, dikutip Solopos.com, Kamis (13/6/2024).

Yunus menambahkan ketiga jalur seleksi mandiri UNS Solo itu terbuka untuk semua lulusan SMA/SMK/MA sederajat.

Yunus mengatakan jalur Reguler diikuti calon mahasiswa dengan tes seperti biasa. Sedangkan jalur Kemitraan mengharuskan adanya rekomendasi.

“Jalur kemitraan harus ada rekomendasi dari mitra atau perusahaan atau lembaga pemerintah atau instansi lain yang memiliki kerja sama dengan UNS,” kata dia.

Selain itu rekomendasi juga bisa dikeluarkan oleh Ikatan Alumni UNS atau IKA UNS. Rekomendasi dari IKA UNS berlaku untuk para alumni yang ingin mendaftarkan anaknya ke UNS.

Sedangkan untuk jalur Afirmasi dibagi tiga kelompok yakni jalur Afirmasi Disabilitas, jalur Afirmasi Bibit Unggul, dan jalur Afirmasi Kemaslahatan.   Yunus melanjutkan jalur Afirmasi Disabilitas diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus. 

Selanjutnya yakni jalur Afirmasi Kemaslahatan, Jalur ini diperuntukan untuk pegawai tetap UNS Solo yang ingin mendaftarkan anaknya. 

Perlu diketahui semua calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur Mandiri tetap harus mengikuti tes, kecuali jalur Afirmasi Disabilitas. 

Sementara itu calon mahasiswa bisa memilih dua program studi pada jenjang yang sama. Pendaftar juga  bisa memilih program studi kelas reguler dan kelas internasional secara bersamaan. Pelur diketahui, terdapat Prodi yang membuka kelas internasional yakni Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan.

Sedangkan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UNS 2024 sebesar Rp350.000.

Dikutip Solopos.com Sabtu (15/6/2024) dari laman resmi UNS, berikut ini jadwal, syarat, dan tata cara mendaftar jadwal seleksi Mandiri  jalur Reguler 2024:

Berikut ini jadwal pendaftaran Jalur Mandiri UNS 2024:

1. Program Sarjana

Pendaftaran: 14-23 Juni 2023

Ujian: 25-30 Juni 2023

Pengumuman: 11 Juli 2024

2. Program Diploma

Pendaftaran: 14-27 Juni 2024

Ujian: 1-3 Juli 2024

Pengumuman 11 Juli 2024

Berikut ini syarat dan ketentuan Seleksi Mandiri jalur Reguler UNS 2024:

Ketentuan Umum 



1. Warga Negara Indonesia.

2. Lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama tahun 2022.

3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Persyaratan Khusus

1. Peserta yang memilih program studi berikut:

Untuk S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi dan S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga: Tinggi badan minimal 160 cm bagi putra dan minimal 155 cm bagi putri.

Untuk S-1 Kebidanan:

– Jenis Kelamin putri

– Tinggi badan minimal 150 cm. 

Persyaratan tentang buta warna bagi program studi tertentu

  • Boleh buta warna parsial, tidak boleh buta warna total: Agroteknologi/Agroekoteknologi, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Mesin, Pendidikan Biologi, Ilmu Tanah, Teknik Elektro, Pendidikan Geografi, Pendidikan Seni Rupa, Bimbingan Dan Konseling, Sastra Arab, Pendidikan Akuntansi, Bahasa Mandarin Dan Kebudayaan Tiongkok, Proteksi Tanaman
  • Tidak boleh buta warna parsial dan buta warna total: Kedokteran, Peternakan, Ilmu Dan Teknologi Pangan, Arsitektur, Teknik Kimia, Perencanaan Wilayah Dan Kota (PWK), Pendidikan Kimia, Ilmu Lingkungan, Pengelolaan Hutan, Kebidanan, Kriya Seni (Desain Tekstil), Seni Rupa Murni (Lukis, Grfs, Ptng, Krmik), Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Pend. Guru Pend Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Mekanisme Seleksi Mandiri jalur Reguler UNS 2024:

  1. Calon mahasiswa harus membuat akun pendaftaran melalui https://spmb.uns.ac.id/
  2. Setiap akun dapat mendaftar hanya pada satu jalur Seleksi Mandiri Program Diploma dan/atau Program Sarjana
  3. Peserta Seleksi Mandiri, kecuali Jalur Afirmasi Disabilitas, harus mengikuti ujian tulis sesuai jadwal yang tertulis pada kartu pendaftaran.
  4. Peserta yang memilih program studi bidang seni harus mengunggah portofolio.
  5. Peserta yang memilih program studi keolahragaan harus mengikuti ujian keterampilan sesuai jadwal yang tertulis pada kartu pendaftaran
  6. Peserta yang memilih Program studi kelas internasional, peserta harus:
    • Mengunggah hasil tes TOEFL (minimal 450) atau IELTS (minimal 5.0) 
    • Mengikuti tes wawancara sesuai jadwal yang tertulis pada kartu pendaftaran

Untuk informasi jalur lain bisa mengunjungi laman https://spmb.uns.ac.id.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya