SOLOPOS.COM - Tangyuan merupakan sajian khas Imlek yang konon menjadi cikal bakal Wedang Ronde (Youtube/Sandra Cook)

Solopos.com, JAKARTA — Berbicara soal hidangan khas Imlek memang tidak akan ada habisnya. Banyak sekali jenis menu yang biasanya disajikan saat memperingati Tahun Baru Imlek.

Hal itu mulai dari aneka masakan mi, ikan, dan pangsit. Hingga hidangan penutup dengan rasa manis, seperti kue moci dan kue bulan.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Namun, terdapat menu lain yang umumnya dihidangkan saat Imlek. Menu tersebut bernama tangyuan.

Tangyuan digunakan sebagai persembahan untuk Dewa pada hari ke-15 bulan pertama Tahun Baru China. Makanan ini terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat, disajikan dengan kuah jahe yang hangat.

Ditengok dari kanal Youtube Sandra Cook, Jumat (20/1/2023), dahulu tangyuan harus dimakan sesuai dengan jumlah usia yang ingin memakannya. Seiring berkembangnya zaman, hal tersebut kini tak dilakukan lagi.

Menariknya, konon hidangan ini menjadi cikal bakal sajian wedang ronde yang dikenal sebagian besar masyarakat Indonesia. Jika penasaran seperti apa rasanya, Anda dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Kali ini, Solopos.com akan membagikan untuk Anda resep dan cara membuat tangyuan sederhana di rumah.

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan di bawah ini :

1. Satu bungkus tepung ketan (500 gram).

2. Satu sendok makan tepung sagu.

3. Pewarna makanan merah dan hijau.

4. Air putih secukupnya.

5. Dua ruas jahe, dikupas.

6. Dua lembar daun pandan, diikat.

7. Lima buah gula merah.

8. Gula pasir secukupnya.

Selanjutnya, urut-urutan cara membuat adonan:

1. Tuang tepung ketan dan tepung sagu ke dalam wadah.

2. Campur dengan air secukupnya.

3. Aduk dan ratakan adonan tersebut. Proses tersebut akan lebih mudah jika dilakukan menggunakan tangan.

4. Bagi adonan menjadi tiga dan pisahkan ke dalam tiga buah mangkuk. Mangkuk pertama, biarkan adonan berwarna putih. Lalu pada mangkuk kedua berikan pewarna merah. Sedangkan mangkuk ketiga berikan pewarna hijau, kemudian aduk hingga warna merata.

5. Jika adonan sudah tercampur rata, maka jumput adonan dengan tangan dan bentuk menjadi bulat-bulat kecil seperti kelereng.

6. Jika telah selesai, diamkan adonan sebentar lalu rebus di air mendidih.

Berikutnya, cara membuat kuah:



1. Tuang air ke dalam panci kemudian rebus. Jumlah air bias menyesuaikan kebutuhan Anda. Apabila Anda menyukai kuah hangat, maka Anda bias merebus lebih banyak air.

2. Siapkan dua ruas jahe yang telah di kupas, dua lembar daun pandan yang diikat, dan lima buah gula merah. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam panci.

3. Kemudian tambahkan gula pasir sesuai dengan selera.

4. Masak hingga air mendidih dan gula larut.

Setelah keduanya siap, Anda bisa menyajikan tangyuan bersama dengan kuah jahe hangat di atas mangkuk. Seperti halnya ronde, Anda juga bisa menambahkan isian ke dalam bulatan adonan tangyuan.

Isian bisa berupa apa saja sesuai dengan selera. Seperti gula Jawa, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, dan lain-lain. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya