SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, tempat jenazah orang yang berjasa pada negara bersemayam, direnovasi. Pemugaran menelan anggaran sebesar Rp 23 miliar. Sebanyak Rp 11 miliar di antaranya untuk renovasi tahap II. Renovasi tahap I sebanyak Rp 12 miliar, telah kelar tahun lalu.

“Dana dari APBN 2009 untuk renovasi tahap II senilai Rp 10,9 atau sekitar Rp 11 miliar,” kata Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri pada upacara peresmian pemugaran TMP Kalibata, di Jalan Raya Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (27/1).

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Renovasi tahap II meliputi penggantian lantai plaza seluas 2.692 m2, penggantian lantai depan plaza 7.856 m2, rehabilitasi kolam air mancur 2.962 m2 dan pedestrian 2.070 m2. Total areal TMP seluas 25 ha dengan jumlah makam 8.901.

“Kami harap, dengan selesainya renovasi, kita bangga dengan makam pahlawan. Seperti di luar negeri, makam pahlawan sangat indah,” tambahnya.

Hadir dalam peresmian tersebut, pasangan artis Ananda Mikola dan Marcella Zalianty. Marcella Zalianty didaulat membacakan puisi perjuangan karyanya sendiri.

“Diharapkan, generasi muda selain berziarah juga dapat menambah informasi pengetahuan kepahlawanan melalui buku leaflet/brosur yang terdapat di perpustakaan atau petugas TMP,” kata Mensos.

TMP Kalibata diperuntukkan mereka yang telah berjasa kepada negara kesatuan Republik Indonesia, termasuk para pahlawan nasional, anggota militer, dan pejabat tinggi negara. Semula TMP ini dibangun di Ancol, namun karena sudah tidak layak lagi, akhirnya dipindahkan ke Kalibata pada tahun 1953 dengan arsitek F.Silaban

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya