SOLOPOS.COM - Pernikahan dini Siswa SMK. (istimewa/Facebook/Husnul Hafizah)

Solopos.com, SOLO – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sebanyak 15,26% remaja wanita di Sragen menikah dini atau menikah di usia kurang dari 17 tahun sepanjang 2020.

Terdapat beberapa sumber mengenai batasan minimal usia seorang wanita untuk menjalani perkawinan pertama. Menurut Pasal 7 Ayat (1) UU No. 1/1974 tentang Perkawinan, syarat menikah untuk perempuan harus berusia minimal 16 tahun.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Aturan itu sudah tidak berlaku sejak disahkannya UU No. 16/2019 tentang Perubahan Atas UU. No. 1/1974 tentang Perkawinan yang menyebutkan batas usia pria dan wanita yang akan menikah minimal 19 tahun.

Sebelum UU No. 16/2019 diberlakukan, wanita dengan usia 16 tahun masih bisa menikah. Setelah UU No. 16/2019 disahkan, untuk menikah di usia di bawah 19 tahun, mereka harus mengajukan dispensasi kawin ke Pengadilan Agama (PA). Selengkapnya bisa dibaca di sini: BPS: 15,26% Remaja Sragen Menikah Dini

Berpindah soal Maladewa, nama resmi Maladewa adalah Republik Maladewa atau Republic of Maldives. Negara dengan ibu kota Male’ ini terletak di bagian selatan benua Asia yang terbagi dalam 26 gugus atol atau kumpulan pulau karang di Samudra Hindia.

Negara yang dinyatakan merdeka dari Kerajaan Inggris pada 26 Juli 1965 ini seluas 298 kilometer (km) persegi dengan populasi sekitar 533.941 jiwa.

Sebagai pembanding, Jakarta masih lebih besar dengan luas sekitar 661,5 km persegi. Meski begitu, Maladewa terkenal akan kekayaan ekosistem lautnya yang menjadi kekuatan utama industri pariwisata negara ini.

Negara ini memiliki 187 jenis terumbu karang dan karang, 21 jenis lumba-lumba dan paus, 1.100 jenis ikan, 83 jenis echinodermata, hingga 5 jenis penyu. Selengkapnya bisa dibaca di sini: Lebih Dekat dengan Maladewa, Negara dengan 100% Penduduk Muslim  

Kanal Espos Plus selalu menyajikan konten-konten premium yang berbasis jurnalisme berkedalaman serta menyajikan sudut pandang tajam dan menarik dengan pembahasan komprehensif yang kaya data. Membaca konten premium di kanal ini akan memperkaya perspektif, mempermudan memahami duduk perkara, dan mendapatkan data dan informasi yang utuh. Silakan mengakses dan menikmati…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya