SOLOPOS.COM - Kiri ke kanan: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan. (kolase foto Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan pihaknya tidak mempermasalahkan adanya relawan Pro Jokowi (Projo) di Sulawesi Selatan yang mendeklarasikan dukungan untuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi calon presiden di Pilpres 2024.

Hasto menyatakan, relawan Jokowi yang mendukung Ganjar Prabowo juga banyak.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Enggak papa (Projo di Sulawesi Selatan mendeklarasikan Prabowo sebagai capres), relawan yang mendukung Pak Ganjar Pranowo kan juga cukup banyak,” kata Hasto kepada wartawan seusai menghadiri acara Kick Off Workshop Peliputan Pemilu 2024 di Hall Dewan Pers, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Sebagai informasi, Projo Sulawesi Selatan di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (18/6/2023) mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024.

Hasto menyampaikan struktur lembaga relawan tidak seperti partai politik sehingga dukungan yang disampaikan mereka merupakan ekspresi aspirasi, bukan ideologi.

Artinya, loyalitas relawan tak sekuat kader partai yang tegak lurus dari atas sampai bawah.

“Ya kalau relawan kan memang strukturnya bukan seperti partai politik. Namanya relawan, prinsip-prinsip kerelawanan itu kan kemudian mereka menyampaikan ekspresi karena ini kan bukan suatu yang terorganisasi dalam suatu ideologi, satu platform sehingga relatif lebih cair,” ucap Hasto, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Konsolidasi PDIP

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo menghadiri Konsolidasi PDIP Provinsi Bali untuk membahas pemenangan Pilpres 2024, Sabtu (17/6/2023).

Megawati tiba di lokasi rapat konsolidasi di Prime Plaza Hotel Sanur pada Sabtu pagi dengan didampingi Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo.

Megawati mengenakan batik merah bernuansa PDIP dan Prananda hadir dengan pakaian hitam dan mengenakan “udeng” atau ikat kepala khas Bali.

Kedatangan Megawati dan rombongan disambut Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster, sedangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampak berjalan di belakang rombongan Megawati.

Ganjar hadir mengenakan batik merah hitam dengan motif PDIP.

Sebelumnya, pada kegiatan jalan sehat Sabtu pagi di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Gubernur Bali Wayan Koster mengungkapkan target kemenangan Ganjar pada Pilpres 2024 lebih dari 92 persen di Bali.

Gubernur Bali yang merupakan Ketua DPD PDI Perjuangan Bali itu turut menggelar konsolidasi yang rencananya turut dihadiri Ganjar Pranowo pada siang hari.

“Konsolidasi tidak membahas calon wakil presiden, ini supaya struktur partai di Bali semua sampai tingkat desa solid memenangkan Pak Ganjar dan pemilu khususnya di Bali,” kata dia.

Jalan sehat diikuti ribuan kader dan simpatasan PDIP. Saat berada di tengah-tengah massa, Ganjar Pranowo yang kini menjabat Gubernur Jawa Tengah diteriaki ‘presiden’ oleh sejumlah orang.

“Kan targetnya (awal) 95 persen, ya sekurang-kurangnya 92 persen, melihat antusias hari ini semestinya lebih dari 92 persen,” kata Wayan Koster, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dalam kegiatan jalan sehat itu, Koster sengaja mendatangkan Ganjar Pranowo di tengah masyarakat Bali.

Lebih dari satu jam mereka memutari Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar.

“Luar biasa (antusias masyarakat) walaupun tidak ada undangan tapi respons masyarakat Bali kepada Pak Ganjar luar biasa di atas apa yang saya harapkan,” ujar Wayan Koster, yang beberapa bulan lalu membuat heboh karena menolak Timnas Israel berlaga di Indonesia dalam gelaran Piala Dunia U-20 yang akhirnya dipindahkan ke Argentina.

Dalam pertemuan tersebut Megawati Soekarnoputri yang sejak kemarin ada di Pulau Dewata belum dijadwalkan hadir, namun rencananya dihadiri kader dan simpatisan sebanyak 1.000 orang di kawasan Sanur.

Salah satu pendukung Ganjar Pranowo di Bali bernama Adi Nugraha saat ditemui usai jalan sehat mengaku siap memenangkan calon presiden kesukaannya itu pada Pemilu 2024.

Melihat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berbaur dan berfoto bersama masyarakat, Adi semakin yakin seluruh peserta yang hadir jalan sehat akan memilihnya.

“Pak Ganjar ramah, pasti semua yang hadir memilih dia dan dia bisa menang di Bali seperti Pak Jokowi,” tuturnya.



Dalam jalan sehat tadi pagi, Ganjar tiba di lokasi acara yang berada di depan kantor Gubernur Bali sekitar pukul 06.00 WIB.

Mengenakan kaus hitam Ganjar langsung menyapa warga dengan didampingi Gubernur Bali Wayan Koster yang hadir dengan kaus merah.

Kedatangan Ganjar mendapatkan sambutan meriah dan tepuk tangan dari para peserta jalan sehat.

Para relawan yang mengenakan kaos bertuliskan “Ganjar Presiden” tersebut berebut untuk bisa berswafoto dengan Gubernur Jawa Tengah itu.

Terdengar juga sorak sorai relawan meneriaki Ganjar sebagai sosok presiden. Ganjar pun menanggapi seruan peserta acara dengan senyuman dan lambaian tangan.

“Presiden! Presiden! Presiden!” ujar para relawan.

“Ganjar Presiden!” sahut relawan lainnya.

Setelah berfoto dengan masyarakat, Ganjar dan Koster menaiki podium melakukan pelepasan peserta Creative Fun Walk bersama Ganjar dan Koster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya