SOLOPOS.COM - Rektor UKSW Intiyas Utami saat prosesi wisuda salah satu winisuda dalam Upacara Wisuda di Balairung Universitas, UKSW, Salatiga, Jumat (13/10/2023). (Istimewa).

Solopos.com, SALATIGA — Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menggelar upacara Wisuda Periode II Tahun 2023/2024, di Balairung Universitas, Jumat (13/10/2023).

Dalam wisuda tersebut, Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., melepas 480 wisudawan dan wisudawati yang terdiri dari 18 lulusan Diploma, 437 lulusan Sarjana, 22 lulusan Magister dan 3 mahasiswa Doktor.

Lulusan yang diwisuda hari ini terdiri atas tujuh fakultas yaitu Fakultas Teologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM), Fakultas Interdisiplin (FId), dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Lainnya, Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Prosesi wisuda dipimpin langsung oleh Ketua Senat UKSW Prof. Daniel Daud Kameo, S.E., .M.A., Ph.D.

Turut hadir dalam acara wisuda kali ini yakni Ketua Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW) Drs. M.Z. Ichsanudin, M.M., Bendahara YPTKSW Dr. Heri Usodo, S.E., M.Kom., dan Kepala Bagian Umum Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah Adhrial Refaddin, SIP., MPP.

Turut hadir pula dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bengkayang, Sekretaris Disdikbud Kabupaten Bengkayang Norida, S.Pd., serta pejabat lainnya.

Mengawali sambutannya, Rektor Intiyas mengucapkan selamat kepada lulusan karena berhasil menyelesaikan studi di Kampus Indonesia Mini.

Mengingat, mahasiswa Jawa dan non-Jawa jumlahnya seimbang. Tak hanya itu, ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada orang tua winisuda karena telah mempercayakan putra-putrinya di UKSW.

Disampaikan Rektor Intiyas, di kampus UKSW lulusan digembleng dengan berbagai pengalaman belajar yang menantang.

UKSW sudah menjalankan kurikulum merdeka sebelum pemerintah menetapkan kurikulum merdeka belajar. Saat ini, UKSW sedang bertransformasi di bidang kurikulum dengan tajuk Kurikulum Talenta Merdeka.

“Untuk itu, tugas akhir atau skripsi yang selama ini menjadikan pintu terakhir keluar dari kampus, akan berubah menjadi Tugas Akhir Talenta Unggul. Kami menghargai inovasi baik dalam bentuk produk maupun jasa yang menjadi karya mahasiswa sesuai dengan bidang studi masing-masing,” ungkapnya.

Hadapi era VUCA

Lebih lanjut disampaikannya, di era yang  volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA) ini winisuda akan berhadapan dengan musuh yang tidak terlihat, kecepatan perkembangan teknologi membuat para lulusan harus berlari cepat.

Teknologi Artificial Intelligent (AI) bisa meniru manusia dengan tingkat akurasi yang tinggi. Namun yang tidak bisa dikloning adalah “rasa manusia”.

Rektor Intiyas berpesan kepada winisuda untuk tetap menjadi sarjana dan alumni yang memiliki penciri Creative Minority yang secara bertanggung jawab menggunakan media sosial.

Ia menerangkan setiap jejak digital tidak akan dilupakan, dimana job seeker bisa menilai perilaku manusia dan kepribadian dari jejak digital yang ditinggalkan di media sosial.

“Jadi mari berhati-hati menggunakan media sosial dan tidak mudah terpantik isu-isu yang justru menyudutkan orang lain maupun kampus. Jadilah agen perubahan yang inovatif, jangan mudah menyerah, jangan mudah rapuh dan berikan apresiasi kepada lingkungan,”imbuhnya.

Rektor Intiyas juga menerangkan saat ini UKSW telah memperoleh akreditasi institusi Unggul. Saat ini UKSW sedang bertransformasi melakukan percepatan untuk menuju world class university dan tengah mempersiapkan Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings.

Dalam kesempatan ini, Adhrial Refaddin juga mengucapkan selamat kepada para winisuda. Dirinya juga memberikan apresiasi bagi orang tua dan wali karena sudah memberikan dukungan moral dan finansial kepada para winisuda.

“Selamat atas terselenggaranya wisuda hari ini. Saya juga berpesan kepada para winisuda agar memiliki prinsip be nice, be kind, be respectful, and be helpful, respect people with less power then you dalam menghadapi persaingan di dunia kerja mendatang,” imbuhnya.

UKSW Jadi Rumah Kedua

Mewakili 480 winisuda, Helena Manora Altin Moy Here, S.Tr.Par. dari Fakultas Interdisiplin mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada orang tua, keluarga dan UKSW. Ia mengatakan wisuda ini menjadi lembaran baru untuk meraih mimpi.

“Pencapaian ini diperoleh karena dukungan berbagai pihak yakni orang tua dan keluarga. Terima kasih kepada seluruh dosen, pengajar dan tenaga kependidikan karena telah membimbing kami,” ungkapnya.

Winisuda asal Sumba Barat ini juga mengatakan bahwa UKSW menjadi rumah kedua yang sejuk dan teduh, menjadi ladang inspirasi kreasi inovasi bagi para winisuda.

“UKSW melakukan pembinaan dan membuka ruang untuk berprestasi bersosialisasi dengan berbagai orang dari seluruh daerah di Indonesia. Kami dapat menunjukkan budaya, belajar budaya dengan kegiatan yg melibatkan etnis-etnis,” pungkasnya.

Rasa bahagia dan bangga juga dirasakan oleh orang tua winisuda, Dina Waebro salah satunya. Ia mengungkapkan rasa bahagia dan terima kasihnya kepada UKSW.

“Saya bangga atas wisuda anak saya. Rektor Intiyas juga sangat luar biasa mau turun menjumpai orang tua mahasiswa,” ungkap orang tua dari Ani Maureen lulusan Prodi Hubungan Internasional FISKOM.

Di samping itu, sejumlah lulusan yang diwisuda hari ini berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Tertinggi dari masing-masing jenjang.

Peraih IPK Tertinggi dari Strata 1 yakni Yohanes Suryo Adijoyo, S. Kep., Program Studi (Prodi) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) (3.98) dan Lorenzo Ditania T. S., S. Tr. Par., (3.98) Prodi Fakultas Interdisiplin (FId).

Peraih IPK Tertinggi dari jenjang Strata 2 yakni Stefanus Maranta Lahade, M.Pd., (4.00) dan Margareta Hani Pramono, M.Pd., (4.00) keduanya dari Prodi Magister Administrasi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Peraih IPK Tertinggi pada Strata 3 adalah Dr. Agus Siswanto (3,97) dari Prodi Doktor Sosiologi Agama Fakultas Teologi.

Tak hanya digelar pada hari ini, rangkaian upacara wisuda akan dilaksanakan pada Sabtu (12/10/20230) di Balairung Universitas yang akan mewisuda 745 mahasiswa. Berdasarkan data yang diterima total winisuda UKSW yang diwisuda pada Wisuda Periode II Tahun 2023/2024 sebanyak 1.225 lulusan.

Rekomendasi
Berita Lainnya