SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

SOLO — Real Estate Indonesia (REI) Solo kembali menggeber pameran perumahan REI Expo 2013, di Solo Square, mulai Kamis (31/1/2013) mendatang selama sepekan. REI mematok target transaksi pada ajang tersebut sebesar Rp100 miliar.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Kabid Hubungan Perbankan REI Solo, Anthony Hendro, menyampaikan REI optimistis target transaksi Rp100 miliar ini bisa tercapai. “Karena potensi market perumahan tahun ini tumbuh luar biasa,” kata Anthony kepada Solopos.com, Minggu (27/1/2013). Menurut dia, pasar perumahan mulai dari segmen rumah bersubsidi hingga rumah mewah yang harganya berkisar Rp500 juta per unit hingga Rp1 miliar per unit sama-sama tumbuh. “Maka dalam pameran kali ini diikuti developer rumah bersubsidi dan komersial,” imbuh dia.

Dia juga menyebutkan, suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) di awal tahun ini cukup menarik. “Bunga deposito juga sedang rendah. Maka awal tahun ini waktu yang tepat untuk merealisasikan investasi properti, terutama tumah,” kata Anthony.

Menurut Anthony, beberapa perbankan saat ini mulai menurunkan bunga KPR di kisaran 8% per tahun. Tapi, masih ada juga yang bertahan di posisi bunga 11%. “Tapi bagi KPR bunga ini cukup menarik.” Tahun ini, lanjut dia, REI berencana menggelar pameran perumahan sebanyak dua kali. Selain di awal tahun, REI mencoba menangkap peluang tingginya pasar pada saat menjelang Lebaran pertengahan tahun ini.

Pimpinan Mahadia Event Organizer (EO), Maya Fitri, selaku pelaksana pameran mengatakan pameran REI awal tahun ini bertema Rumah Untuk Semua. Tema ini selaras dengan program REI pusat. Rencananya, pameran itu akan diikuti oleh 24 peserta yang terdiri dari 14 perusahaan pengembang, empat bank yaitu BNI, BTN, Bank Jabar Banten (BJB) dan Bank Syariah Mandiri (BSM), serta empat stan pendukung.

Kalangan pengembang yang terlibat dalam pameran REI Expo 2013 di antaranya Fajar Bangun Raharja, Center Point, Ray White, Candi Properti, Gilang Residence, Gading Regency, Kutai Residence, Peni Regency, Green House, Graha Babussalam, Sumber Baru Land, Solo Baverly Hills, Pondok Solo Permai dan Mulia Residence dari Soloproperty.com. “Pada REI Expo 2013 nanti juga akan dilaksanakan pelantikan pengurus REI periode 2013-2016,” kata dia.

Anthony menambahkan untuk pameran REI awal tahun ini, keterlibatan bank swasta masih sangat minim. Bank swasta dinilai kurang antusias memberikan fasilitas KPR. “Semestinya bank-bank swasta ini ada yang terlibat, karena kebanyakan pasokan rumah dengan fasilitas KPR itu disediakan oleh anggota REI. Harapan kami bank swasta bisa antusias mendukung pertumbuhan pasar properti di Soloraya,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya