SOLOPOS.COM - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun. (Youtube.com-Refly Harun)

Solopos.com, JAKARTA — Pakar hukum tata negara, Refly Harun, menuntut agar Pemilu 2024 diulang karena persoalan temuan beberapa dugaan kecurangan dalam pelaksanaannya.

Dalam orasinya saat berunjuk rasa di depan gedung DPR, dia menyatakan tidak ingin dipimpin oleh kepala negara yang melakukan kecurangan.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“Pertama kita menolak pasangan calon yang menang karena curang, tolak paslon curang, karena nolak berarti harus didiskualifikasi, soal cara itu nanti kita perdebabatkan, yang penting adalah diskualifikasi calon curang,” ujarnya di depan gedung DPR RI, Selasa (5/3/2024).

Kemudian, dia juga menuntut Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) saat ini diberhentikan karena diduga berpihak kepada salah satu pasangan calon (paslon).

Dengan pertimbangan tersebut, Refly meminta agar Pemilu 2024 bisa diulang dengan tanpa partisipasi paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Mau enggak pemilu ini di ulang? Di ulang siapa lawan siapa, 01 lawan 03, 02 bagaimana?” tutur Refly.

“Buang,” timpal pendemo.

Selain itu, Refly juga menuntut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) segera mundur dari jabatannya. Sebab, menurutnya, telah ditemukan beberapa dugaan pelanggaran di Mahkamah Konstitusi (MK) hingga terlibat memenangkan salah satu paslon capres-cawapres.

“Semuanya jangan ragu saya sudah katakan kemarin minta makzulkan jokowi adalah aspirasi konstitusional, aspirasi yang bisa dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Refly Harun merupakan Juru Bicara Timnas Anies-Imin. Namun, menurut Co-captain Timnas Amin, Sudirman Said, keiikutsertaan Refly dalam unjuk rasa hari ini tidak mewakili aspirasi Anies maupun Cak Imin.

“Kehadiran Bang Refly, meskipun beliau adalah dewan pakar. Saya lihat juga ada Said Didu ya, itu juga dewan pakar dan juru bicara. Itu saya kira bukan dalam kapasitas mewakili Pak Anies, tapi sebagai warga negara yang menyuarakan perbaikan,” ujar Sudirman belum lama ini.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Orasi Dukung Hak Angket, Refly Harun Minta Pemilu Diulang”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya