Gibran & Kaesang Figur Potensial Calon Wali Kota Solo, Jokowi Oke?

Presiden Jokowi bersama kedua anaknya, Gibran, Kaesang, dan sang cucu, Jan Ethes di Pasar Burung, Depok, Solo, Minggu (9/6/2019) pagi WIB. (Solopos - Ichsan Kholif Rahman)
26 Juli 2019 19:35 WIB Yodie Hardiyan Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, putra sulung dan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), dianggap sebagai figur potensial calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2020 mendatang. Lalu, apakah Jokowi merestuinya?

Berdasarkan survei yang dibuat Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi Solo, nama Gibran dan Kaesang masuk dalam daftar empat tokoh dengan popularitas dan akseptabilitas tertinggi, bersaing dengan Achmad Purnomo (Wawali Solo) dan Teguh Prakosa (Ketua DPRD Solo).

Jokowi mengaku telah membaca informasi mengenai survei tersebut pada Kamis (25/7/2019) malam. Mantan Wali Kota Solo ini pun menyebut tak pernah melarang pilihan hidup anak-anaknya.

"Mereka ini anak-anak mandiri. Mau bisnis ya silakan, mau jualan pisang silakan. Jualan martabak silakan. Saya enggak pernah melarang. Mau di politik juga silakan. Enggak tahu saya," kata Jokowi sebelum menghadiri acara pembubaran Tim Kampanye Nasional (TKN) di sebuah restoran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019) sore.

Jokowi meminta para wartawan bertanya langsung kepada Kaesang dan Gibran. Seperti diketahui, Kaesang dikenal memiliki sejumlah bisnis, salah satunya bisnis makanan pisang olahan dan Gibran memiliki bisnis martabak.

Ditanya apakah mendukung keputusan anak-anaknya, Jokowi menyatakan hal itulah yang bisa dilakukan orang tua. "Orang tua bisanya hanya itu. Kalau sudah diputuskan anak-anak, ya apa pun. Jualan pisang saya dukung, jualan martabak saya dukung," kata suami dari Iriana ini.

Sebelum menjabat sebagai Presiden (2014-2019) dan terpilih untuk periode 2019-2024 serta menjadi Gubernur DKI Jakarta (2012-2014), Jokowi pernah menjabat Wali Kota Solo periode 2004-2009 dan 2009-2012. Wali Kota Solo merupakan karier politik pertama Jokowi. Sebelumnya Jokowi tercatat sebagai pengusaha mebel.

Sumber : Bisnis/JIBI