Tanpa Pesan Terakhir, Sang Ayah Semula Yakin Sutopo Sembuh

Kepala Pusat Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (Twitter - @Sutopo_PN)
07 Juli 2019 19:00 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Duka masih menggelayut di hati Suharsono setelah mendengar kabar duka atas meninggalnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho akibat penyakit kanker paru-paru. Semula dia yakin Sutopo akan sembuh.

Suharsono Harsosaputro pun mengenang kisah-kisah Sutopo yang tak lain adalah anak kandungnya. Semasa hidup, Sutopo dikenal orang tuanya sebagai anak yang gigih dalam bekerja. Menurutnya, sedari kecil almarhum Sutopo memang ulet dan memiliki semangat yang tinggi untuk mengejar apa yang ingin diraih.

"Sejak kecil dia [Sutopo] tekun belajar dan semangat kerjanya besar. Pekerja keras dan enggak pernah mengeluh," kata Suharsono di kediaman duka, Perumahan Raflles Hills Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019).

Kendati demikian, almarhum Sutopo sebelum meninggal dunia tidak ada pesan khusus kepada orang tuanya Suharsono. Tapi katanya, Sutopo meminta agar didoakan agar secepatnya sembuh.

"Tidak ada. Dia [Sutopo] itu cuma minta didoakan. Tidak ada pesan-pesan yang terakhir, artinya memang tidak ada, karena keyakinan saya [Sutopo] sembuh kok, saya optimis," terangnya.

Dalam ingatannya tentang sang anak, Suharsono menyebut Sutopo lebih dekat dengan ibunda. Saking dekatnya kata dia, almarhum suka masakan ibunya yaitu sambal tumpang, etok, dan makanan khas Boyolali.

"Ibunya saya suruh merawat di sini [rumah almarhum]. Jadi dari Boyolali saya suruh ke sini merawat Sutopo. Memang sejak kecil, dia dengan ibunya dekat dan masakan ibunya itu, dia cocok," pungkasnya.

Diketahui, almarhum Sutopo menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, Tiongkok, Minggu (7/7/2019) pada pukul 02.20 waktu Guangzhou atau sekitar pukul 01.20 WIB setelah sempat berjuang melawan penyakit kanker paru-paru stadium 4B yang dideritanya sejak akhir 2017.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh istri Sutopo, Retno Utami Yulianingsih dari Rumah Sakit St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, Tiongkok.

Sumber : Suara.com