SOLOPOS.COM - Keseruan acara Family Gathering Pendidikan Matematika UKSW dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2023 yang diadakan Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Sabtu (07/10/2023). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Tampak ratusan masyarakat umum memadati Lapangan Pancasila Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, dalam acara keakraban Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Sabtu (07/10/2023).

Acara tahunan ini kembali digelar dengan mengangkat tema Family Gathering Pendidikan Matematika UKSW dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2023.

Turut hadir dalam acara ini; Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Bringin Sudardi; Kepala Desa Bringin Yamyuri; Dekan FKIP Dr. Helti Lygia Mampouw, M.Si.; Wakil Dekan FKIP Dr. Adi Winanto, S.Pd., M.Pd.; Ketua Program Studi Pendidikan Matematika (Kaprodi) Danang Setyadi, M.Pd.; alumni dan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika; serta masyarakat umum.

Saat ditemui di sela kegiatan, Dekan FKIP Dr. Helti Lygia Mampouw mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk pengenalan Prodi Pendidikan Matematika FKIP UKSW kepada siswa SMP, SMA dan SMK.

“Melalui acara keakraban ini kita dapat mendekatkan diri kepada masyarakat. Saya berharap mereka bisa lebih mengenal FKIP UKSW,” katanya.

Senada dengan Dr. Helti Lygia Mampouw, Koordinator Kegiatan Erlina Prihatnani, S.Si., M.Pd., menyebutkan Family Gathering Pendidikan Matematika ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena tidak hanya melibat sekolah tetapi juga menggandeng masyarakat umum dan karang taruna di Desa Bringin.

Selain itu, acara tahun ini mengangkat konsep expo education.

Melibatkan Sembilan Sekolah

“Pada expo education kali ini, kami melibatkan sembilan sekolah yaitu SMA Kristen 1 Salatiga, SMA 1 Tuntang, SMA Negeri 1 Pabelan, SMA Negeri 1 Bringin, SMK 1 Bakti Nusantara, SMK Negeri 1 Pringapus, SMK NU Tunas Bangsa Bringin, SMK PGRI 3 Salatiga dan SMK Muhammadiyah Salatiga,” tuturnya.

Ditambahkannya, selain melibatkan sembilan sekolah tersebut, terdapat lima belas UMKM makanan dan UMKM Batik seperti Batik Ciprat Rembes dan Blangkon Pakis turut diperkenalkan dalam acara ini.

Tak hanya itu, berbagai kegiatan seperti jalan sehat, outbound, color run dan senam bersama civitas academica Prodi Pendidikan Matematika FKIP dengan masyarakat umum turut memeriahkan acara ini.

Selain itu, mahasiswa dan alumni Prodi Pendidikan Matematika FKIP juga menyuguhkan berbagai penampilan antara lain tarian nusantara, dance dan band kepada para pengunjung.

Tak ketinggalan berbagai pertunjukan seperti Drumblek dari pemuda Desa Krajan dan penampilan reog Turonggo Budoyo Putro dari Desa Tuksongo meramaikan acara ini.

Keakraban

Suasana keakraban ini tidak hanya dirasakan oleh civitas academica Prodi Pendidikan Matematika FKIP saja, masyarakat yang hadir juga merasakan hal sama.

Kepala Desa Beringin Yamyuri salah satunya, Ia mengungkapkan rasa bahagianya karena melalui acara ini masyarakat dapat berbaur dengan mahasiswa UKSW.

“Terima kasih kepada FKIP UKSW telah mengadakan acara ini di tempat kami. Kami berharap ke depannya acara ini dapat diselenggarakan lagi. Selain itu melalui acara ini kami dapat mengenal lebih dekat dengan FKIP UKSW,” imbuhnya.

Di sisi lain, Fatmatuz Zahra siswa dari SMK NU Tunas Bangsa Bringin mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Prodi Pendidikan Matematika FKIP yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Saya senang bisa mengikuti acara ini, karena melalui acara ini saya dapat mengenal mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP yang ramah. Di samping itu, saya juga dapat memperkenalkan sekolah saya,” katanya.

Rangkaian kegiatan lainnya seperti Jumat Berkah dan Minggu Berkat akan dilaksanakan pada Jumat hingga Minggu (13-15/10/2023). Selain itu juga akan diadakan pertandingan Badminton pada Sabtu (21/10/2023) di Lapangan Rajawali Salatiga.

Rekomendasi
Berita Lainnya