SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JIBI/Solopos/Antara/Agus Trimukti)

Solopos.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan Pemerintah akan melipatgandakan anggaran pembangunan infrastruktur hingga Rp400 triliun pada tahun anggaran 2015.

Hal itu disampaikan JK saat membuka Rapat Pimpinan Nasional Gabungan Pengusaha Konstruksi (Gapensi) di Hotel JS Luwansa Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

“Anggaran pembangunan sebelumnya Rp130 triliun, maka kita harap menjadi Rp300 triliun-Rp400 triliun. Anggaran pembangunan kita mencapai 20%-25% dari APBN,” katanya.

Porsi anggaran pembangunan infrastruktur tersebut lebih besar dibandingkan tahun 2014 yang hanya 10%. Dana itu diperoleh dari alokasi subsidi BBM dan segala macam penghematan anggaran yang dilakukan oleh pemerintah.

JK menambahkan dari anggaran ratusan triliun untuk pembangunan, 60%-70% di antaranya untuk pembangunan konstruksi yang diharapkan bisa diserap oleh perusahaan swasta maupun BUMN.

Untuk pemerataan proyek, Gapensi dan Menteri BUMN Rini M. Soemarno telah menandatangani Memorandum of Understanding yang intinya perusahaan konstruksi BUMN dilarang mengikuti tender dengan nilai di bawah Rp30 miliar.

JK berharap kerja sama itu bisa mengurangi monopoli pekerjaan konstruksi oleh perusahaan pelat merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya