SOLOPOS.COM - Beginilah wujud perangkat kendali anjing yang diciptakan oleh para ilmuwan dari Aurburn University, Alabama, AS. Foto dirilis, Rabu (11/9/2013). (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, NEW YORK — Para peneliti Auburn University di Alabama, Amerika Serikat (AS), menciptakan perangkat kendali jarak jauh untuk mengarahkan anjing. Benda yang bisa dimanfaatkan layaknya remote control itu bisa dikenakan di punggung anjing laksana ransel.

Seperti dilansir Daily Mail, Rabu (11/9/2013), alat itu memungkinkan anjing dipandu dari jarak jauh menggunakan peranti lunak yang menerjemahkan perintah menjadi suara dan rangsang sentuh. Sistem itu terdiri atas ransel di punggung anjing dan peranti komputer yang dipegang orang pengendali anjing.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Ransel di punggung anjing memiliki sensor GPS, prosesor dan modem nirkabel, yang menghubungkan ransel itu dengan komputer yang digunakan oleh manusia untuk melacak dan memberi perintah. Ransel itu bergetar di bagian kiri atau kanan serta mengeluarkan suara yang dikenal oleh anjing sebagai perintah.

Orang cukup memberikan perintah ke anjing, selanjutnya peranti lunak yang akan memandunya. Paket ini dirancang untuk anjing polisi, anjing pemandu, serta hewan pada misi pencarian dan penyelamatan. Dalam uji coba, keakuratan alat ini mencapai 97%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya