SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Suasana atrium Solo Paragon Mall yang dipenuhi berbagai stan saat pameran Ramadan Expo, Senin (6/8/2012). Selain batik dan busana muslim, pameran itu juga menampilkan mebel berukuran besar, sampai mobil kelas MPV dan penawaran perumahan. (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Wajah atrium Solo Paragon Mall Senin (6/8/2012) tampak beda. Banyaknya stan mungkin sama jika dibandingkan hari-hari lain sebab lokasi ini memang jadi incaran penyelenggaran pameran. Namun, coba tengok stan di pameran ini, sangat beragam. Ada stan yang menyediakan batik, mukena, tas, mebel berukuran besar, sampai mobil kelas MPV dan penawaran perumahan. Sangat lengkap.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“Karena momentumnya menjelang Lebaran, jadi semua yang dibutuhkan orang ada di sini, termasuk tas-tas yang kami displai ini,” kata peserta pemeran Ramadan Expo dari toko tas Steffany Collection, Prapti, saat ditemui Espos, di lokasi setempat, Senin.

Ya, pameran bertajuk Ramadan Expo di Solo Paragon Mall ini memang menyajikan tak hanya baju muslim atau peralatan ibadah. Kini, kebutuhan Ramadan dan Lebaran tidak berkutat pada kebutuhan sandang atau fashion yang melekat pada tubuh semata. Aneka mebel pun dicari untuk mengganti perabotan rumah atau mengisi rumah agar tampak berbeda ketika dikunjungi sanak keluarga saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Bahkan, seolah tak mau ketinggalan, diler mobil Nissan juga tampil mengisi salah satu stan. Mobil menjadi kebutuhan selanjutnya bagi masyarakat yang perlu mudik. Distributor penjual handphone Cross juga hadir meramaikan pameran tersebut.

Selain tampil dengan banyak ragam produk, event yang dihelat 1-12 Agustus itu juga menawarkan banyak promo. Di antaranya promo potongan harga lebih dari 50% untuk baju. Pegawai toko La Jolie, Adi Raga, mengatakan sepanjang Ramadan Expo pembeli bisa membawa pulang produk kemeja wanita hanya dengan harga flat Rp50.000. “Harga aslinya Rp155.000, hanya di event ini bisa dapat Rp50.000,” kata Adi berpromosi.

Tak hanya itu, bagi pembeli yang menginginkan produk eksklusif, beberapa stan menyediakan produk bikinan sendiri yang hanya bisa dibeli sepanjang acara tersebut. Salah satunya, grosir mukena Arsama. Grosir mukena ini biasanya tidak menjual produk mereka secara eceran. Semua penjualan harus dilakukan dengan grosir minimal lima potong mukena untuk satu seri.

Namun di Ramadan Expo, Pengelola Arsama, Faizah memastikan konsumen bisa membeli produk mukena secara eceran dengan harga terjangkau. “Mukena ini kami produksi sendiri, bahannya bagus. Hanya bisa dibeli eceran di sini karena kami tidak buka toko, hanya gudang penjualan grosir,” ujar dia.

Baik Prapti, Adi, maupun Faizah mengaku penjualan produk mereka melesat tajam selama event ini. Faizah misalnya bisa menggenjot penjualan hingga lebih dari 50%. Pengunjung memang tidak banyak, namun menurutnya, daya beli konsumen di mal ini tinggi. Melihat antusiasme pembeli, pihaknya tengah mempertimbangkan untuk menghadiahi konsumen dengan memberikan potongan harga 20%-30% menjelang berakhirnya pameran.

Public Relation Officer Solo Paragon Mall, Veronica Lahji (Vero), mengatakan Ramadan Expo hanyalah satu dari banyak acara yang dihelat di Paragon Mall. Kebutuhan belanja Lebaran pengunjung mal akan pula dilengkapi dengan acara late nite sales. Di samping itu, event Solo Muslim Festival juga bakal hadir untuk kian menguatkan semangat Ramadan dan Lebaran pengunjung mal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya