SOLOPOS.COM - Petugas perlindungan masyarakat (linmas) menjaga arus lalu lintas di Pos Fajar Indah, Solo, Selasa (9/6/2015) malam. Sedikitnya 48 petugas linmas mendapat tugas ekstra untuk berjaga di enam pos yang tersebar di Solo selama tiga hari menyambut pernikahan putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Putra Jokowi nikah pada Kamis (11/6/2015) besok.

Solopos.com, SOLO – Sedikitnya 48 petugas perlindungan masyarakat (linmas) mendapat tugas ekstra selama tiga hari pelaksanaan prosesi pernikahan anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda, Selasa-Kamis (9-11/6/2015).

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Puluhan petugas linmas tersebut dikerahkan untuk turut serta menjaga kondusivitas keamanan di enam titik simpang jalan di Solo yang diprediksi akan dilalui kendaraan para tamu undangan pernikahan Gibran-Selvi. Tugas ekstra dibebankan kepada para petugas linmas dengan penambahan jam kerja.

Petugas linmas, Bambang Haryo, mengatakan selama tiga hari sebagian petugas linmas di Solo mendapat mandat untuk bertugas selama 12 jam atau empat jam lebih lama dari biasanya.

Tugas tersebut, lanjut dia, berlaku bagi petugas linmas yang bertugas pada sif I dan sif II. Sejumlah 48 petugas linmas berjaga di enam Pos, yakni Fajar Indah, Patung Wisnu, Panti Waluyo, Manahan, Sumber, dan Komplang.

“Di setiap pos diisi delapan petugas linmas yang bertugas secara bergantian, yakni sif I terdapat empat orang dan sif II juga empat orang,” kata Bambang saat ditemui di Pos Fajar Indah, Selasa, pukul 22.00 WIB.

Bambang menjelaskan pada hari biasa petugas linmas bekerja selama delapan jam, yaitu sif I mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Sedangkan, sif II mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. N

Namun selama tiga hari, sebagian petugas linmas bekerja ekstra ditambah empat jam kerja. Petugas linmas di sif I bertugas mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB dan sif II mukai pukul 14.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB.

“Kami mendapat mandat dari [pejabat] Satpol PP untuk membantu jajaran samping [Polisi dan TNI] berjaga di beberapa pos. Kalau mereka [jajaran samping] bertugas sampai pukul 20.00 WIB. Sedangkan, kami lebih lama. Arus lalu lintas harus dipantau agar tetap lancar megingat bakal banyak tamu menuju pernikahan putra Pak Jokowi,” kata Bambang.

Petugas linmas lainnya, Abi Tiantiarto, mengaku harus rela meninggalkan keluarga lebih lama saat bertugas melakukan pengamanan lalu-lintas menyambut pernikahan Gibran-Selvi selama tiga hari. S

“Bonus untuk kerja ekstra belum tahu kepastiannya. Semoga sih tetap ada. Namun, kami memang sejak awal sudah siap untuk membantu [pengamanan lalu lintas]. Bonus bukan tujuan utama,” ujar Abi.

Abi menjelaskan tidak hanya lalu lintas, petugas linmas juga diminta Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk aktif memantau pergerakan gelandangan dan pengemis (gepeng). Menurut dia, hal tersebut untuk menjaga agar gepeng tidak mengganggu aktivitas di Solo atau bahkan di sekitar acara pernikahan Gibran-Selvi di Graha Saba Buwana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya