SOLOPOS.COM - Siswa SD Muhammadiyah 2 Solo membersihkan Masjid Agung Solo, Rabu (6/3/2024). Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Ramadhan 2024. (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Puluhan siswa SD Muhammadiyah 2 Solo membersihkan Masjid Agung Solo Rabu (6/3/2024). Kegiatan itu rutin dilakukan setiap tahun sebagai simbol memasuki bulan suci Ramadan 2024.

Para siswa itu memulai kegiatan membersihkan bagian ruang salat utama masjid. Bermodalkan kain lap dan air secukupnya, siswa mulai menyusuri dari tiang utama atau soko guru yang berjumlah empat, sampai ke tiang tambahan atau soko rawa yang berjumlah 12.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Mereka membersihkan dengan teliti. Para siswa itu juga menyasar mihrab yang berbentuk ceruk setengah lingkaran dengan hiasan kaligrafi. Tempat itu bisa menjadi tanda arah kiblat sekaligus tempat imam memimpin salat.

Mimbar masjid juga tidak luput dari kain lap milik para siswa. Mereka membersihkan mimbar yang terbuat dari kayu dengan ukiran berbentuk tumbuh-tumbuhan yang merambat. 

Sedangkan para siswa juga turut membersihkan pawestren sebelah kiri yang dikhususkan untuk tempat salat perempuan. Letak pawestren tersebut sejajar di sebelah kiri ruang salat utama.

Setelah selesai bagian dalam, kini giliran bagian luar yakni serambi Masjid Agung Solo yang dibersihkan. Siswa berebut mengambil alat pel yang kemudian secara bersamaan membersihkan lantai serambi. Mereka nampak menunjukan raut muka yang gembira dan tidak terlihat kelelahan.

Malah para siswa telaten membersihkan setiap bagian masjid peninggalan Kerajaan Mataram itu. Kepala SD Muhammadiyah 2 Solo, Taufik Saleh mengatakan sengaja mengajak para siswa membersihkan Masjid Agung Solo menjelang bulan suci Ramadan. Menurut dia kegiatan tersebut menjadi bagian upaya untuk lebih mendekatkan siswa kepada masjid. 

Pihaknya sengaja menyasar masjid lantaran pada Ramadan akan digunakan sebagai pusat peribadatan. Selain itu dia mengatakan kegiatan itu mengajarkan kepada siswa pentingnya gotong royong. 

“Masjid yang bersih maka ketika jamaah mau salat juga nyaman, kemudian menambah kekhusyukan dan ketenangan ketika salat dilaksanakan,” kata dia di sela-sela bersih-bersih, Rabu (6/3/2024).

Wakil Kepala Bidang Agama SD Muhammadiyah 2 Solo, Nur Alim mengatakan bersih-bersih itu juga bertujuan meningkatkan rasa cinta terhadap masjid.

“Apalagi menjelang Ramadan ini, bagaimana mereka sadar dengan kebersihan. Sehingga bisa membuat para siswa hadir ke masjid di lingkungan tempat tinggal mereka,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya