SOLOPOS.COM - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kiri) dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani seusai pertemuan di Widya Chandra, Jakarta (27/7/2023). (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua DPP PDIP Puan Maharani memastikan Ketua PKB Muhaimin Iskandar menjadi salah satu kandidat bakal calon wakil presiden untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Penegasan itu disampaikan Puan seusai bertemu dengan Cak Imin, panggilan Muhaimin Iskandar, Kamis (27/7/2023).

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Saya serius loh waktu saya bilang kandidat cawapres, capres atau bakal capres-nya PDIP Pak Ganjar itu Cak Imin. (Cak Imin sempat bertanya) ‘Mbak tenanan (benar) enggak Mbak ngomong begitu?’ (Saya jawab) yo bener mosok ngawur,” kata Puan seusai bertemu Cak Imin di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis.

Meski begitu, Puan mengakui belum ada keputusan tentang siapa cawapres Ganjar Pranowo untuk Pemilu 2024.

Puan mengatakan pertemuan hari ini dengan masih sebatas menyatukan visi dan misi demi bangsa dan negara, dan sama sekali tidak ada pembahasan soal bakal cawapres.

“Saya bocorin sedikit Cak imin, di pertemuan ini nggak ada pembicaraan persyaratan-persyaratan (untuk cawapres) karena kita masih menyatukan pemikiran-pemikiran apa yang akan dilakukan, bagaimana ke depan, bagaimana membangun bangsa ini,” ungkap Puan, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Puan menyatakan masih akan dilakukan pembicaraan lebih lanjut secara intensif sampai bulan Oktober 2023 yang merupakan tenggat waktu pendaftaran capres-cawapres.

“Jadi itu masih panjang, masih banyak yang harus kita lakukan. Namun, saya meyakini nggak ada yang pernah salah melakukan silaturahmi dan membicarakan semua itu secara terbuka sebagai sesama anak bangsa,” ucap Puan.

PDIP disebut masih mempertimbangkan banyak hal terkait kandidat cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo.

Soal apakah akan bertambah atau berkurang, menurut Puan, masih akan dipertimbangkan.

“Karena kita mempertimbangkan semua aspek yang ini baik, yang ini bagus, yang ini apik, tapi mana yang kemudian mempunyai visi yang sama dengan bakal capres PDIP Pak Ganjar,” sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Cak Imin mengaku bahagia atas kedatangan Puan. Menurutnya, selalu ada perubahan dalam setiap dinamika politik.

“Sehingga kalau toh ada titik temu baru antara PDIP dan PKB, tentu saya akan berbicara dengan Pak Prabowo,” kata Cak Imin

“Untuk kapan dan bagaimana tapi sampai hari ini kita terus berproses berdinamika, berdialektika sampai nanti kalo ada kesimpulan yang serius baru saya ajak Pak Prabowo,” tambahnya.

Sebelumnya, Puan menyebut kandidat cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mengerucut lima nama.

Puan menyebutkan nama itu adalah Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Sandiaga Uno, Erick Thohir, Andika Perkasa, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Untuk namanya Pak Sandiaga, Pak Erick, Pak Andika, Mas AHY, Cak Imin mantap semua. Dulu ada 10 nama, sekarang sudah mengerucut lima nama,” tutur Puan seusai Harlah ke-25 PKB di Stadion Manahan, Solo, Minggu (23/7/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya