SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dilarang menerima mahasiswa baru (Maru) sebelum pelaksanaan Ujian Nasional (UN), 18-21 April 2011.

Sementara pendaftaran Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) melalui undangan nasional dimulai 1 Februari-12 Maret 2011. Seperti diberitakan sebelumnya, penerimaan calon Maru yang dulu dilaksanakan melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK), mulai tahun 2011, diganti mekanismenya menjadi SNMPTN melalui undangan nasional.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Ketika dihubungi Espos, Rabu (12/1), Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Dr dr Much Syamsulhadi SpKJ (K) mengungkapkan berdasarkan sosialisasi SNMPTN tingkat nasional yang disampaikan ketua umum panitia SNMPTN tingkat nasional di Jakarta, Rabu, dengan alasan apapun semua PTN tidak boleh melakukan seleksi calon Maru sebelum pelaksanaan UN. Pendaftaran boleh saja dilakukan sejak sebelum UN, tapi ujian harus dilaksanakan setelah UN.

“Otomatis pengumuman penerimaan calon mahasiswa baru, juga setelah UN,” ujarnya.

Kebijakan baru tersebut, terangnya, bertujuan agar siswa SMA/SMK fokus ke UN terlebih dahulu.
Syamsul juga menginformasikan SNMPTN meliputi SNMPTN ujian tertulis dan SNMPTN melalui undangan nasional. SNMPTN ujian tertulis dilaksanakan Selasa (31/5)-Rabu (1/6). Pada Selasa, ujian meliputi tes potensi akademik dan tes bidang studi dasar.

Sedangkan pada Rabu, tes meliputi tes bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi yang mengambil program IPA, dan tes bidang studi IPS bagi yang mengambil program IPS.

“Ujian keterampilan bagi calon mahasiswa yang mengambil program studi tertentu, dilaksanakan 3-4 Juni,” jelasnya.

Sementara SNMPTN melalui undangan nasional, terangnya, hasilnya akan diumumkan pada 18 Mei. Registrasi bagi mereka yang dinyatakan diterima di sebuah PTN, dilakukan pada 31 Mei dan atau 1 Juni. Soal persyaratan, katanya, ada peningkatan standar dibandingkan tahun sebelumnya.

Nantinya, kata Syamsul, setiap kepala sekolah akan memiliki user name dan password untuk masuk ke website Kemendiknas. Setiap sekolah diharuskan mengisi daftar prestasi terkini sekolah sebagai salah satu pertimbangan untuk menentukan diterima atau tidaknya seorang calon siswa di sebuah PTN.


Jadwal SNMPTN 2011

SNMPTN undangan nasional
Pendaftaran    : 1 Februari-12 Maret 2011
Pengumuman hasil     : 18 Mei
Registrasi    : 31 Mei-1 Juni

– SNMPTN ujian tertulis
Ujian 31 Mei      : tes potensi akademik dan tes bidang studi dasar
Ujian 1 Juni    : tes bidang studi IPA dan tes bidang studi IPS

Sumber: wawancara

ewt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya