SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Sektor usaha baru PT Pos Indonesia, posmart, akan segera beroperasi di Kantor Pos Cabang Nusukan, Solo. PT Pos menggandeng Indomaret untuk menyediakan kebutuhan pokok masyarakat dalam posmart tersebut.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Solo, Achmad Chairul Hadi, mengatakan pihaknya telah melakukan penataan di area kantor pos Nusukan sejak sepekan lalu. Lokasi tersebut dinilai cukup strategis untuk menjalankan sektor usaha baru perusahaan berpelat merah itu. PT Pos juga telah melakukan serangkaian riset untuk memilih lokasi yang akan digunakan untuk postmart. Berdasarkan survei tersebut dipilih Kantor Pos Jebres dan Nusukan.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

“Setelah kami survei ternyata di kedua lokasi tersebut masih ada sisa lahan yang bisa dibangun posmart. Selain itu, area tersebut juga cukup pada penduduk sehingga cukup potensial untuk pemasaran produk,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (20/3/2013).

Menurut Chairul, toko ritel ini akan beroperasi dengan sistem bagi hasil. Toko ritel ini juga diharapkan berkontribusi terhadap transaksi rutin yang terjadi di kantor pos. Posmart di Nusukan ini ditargetkan beroperasi pada April mendatang. Setiap bulan, hasil penjualan itu akan dievaluasi oleh PT Pos. Sehingga diharapkan tercipta sinergitas layanan yang semakin panjang. Selama ini, kontribusi pendapatan terbesar PT Pos Indonesia Cabang Solo ini masih didominasi 60% oleh produk surat dan logistik. Sisanya sekitar 40% diperoleh dari layanan jasa keuangan postpaid.

“Kalau selama ini jam layanan kantor pos hanya terbatas jam kerja, diharapkan dengan beroperasinya posmart itu waktu pelayanan bisa lebih panjang,” terangnya.

Lebih lanjut, Chairul mengatakan diversifikasi posmart ini sudah dibuka sejak 12 Desember 2012. Awalnya, posmart ini didirikan di Serang, Banten. Selanjutnya akan menjalar ke semua kantor cabang PT Pos di seluruh Indonesia. Selain mendirikan posmart, PT Pos Cabang Solo juga akan mengoptimalkan lahan lain yang selama ini tidur untuk menggenjot pendapatan.

Rumah dinas PT Pos yang berada di Jl Adisucipto, Solo rencananya akan dibangun hotel. Saat ini, PT Pos sedang membicarakan rencana bisnis itu kepada calon investor.

“Saat ini pihak PT Pos Indonesia pusat masih intens membicarakan rencana tersebut. Kabar yang kami dapatkan sempat berganti investor juga,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya