SOLOPOS.COM - Suprapto Soemardan (SOLOPOS/Arif Fajar S)

Suprapto Soemardan (SOLOPOS/Arif Fajar S)

Grobogan (Solopos.com)–PT Pertamina (Persero) selaku pemenang lelang hak khusus pipa gas bumi Semarang-Gresik, mulai melakukan sosialisasi pembangunan pipa transmisi gas bumi yang akan melintasi empat Kabupaten di Jawa Tengah (Jateng).

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Sosialisasi dilakukan dengan dinas terkait di Kabupaten Grobogan sebagai salah satu kabupaten yang akan dilewati pipa transmisi gas bumi, Rabu (10/8/2011), di ruang rapat lantai II Setda Grobogan.

Menurut Vice Presiden Pengusahaan PT Pertamina Gas, Ir Suprapto Soemardan MSc kepada Espos, ada enam kabupaten dan satu kota yang akan dilewati pipa transmisi gas bumi.

“Di Jawa Tengah ada tiga kabupaten dan satu kota, yaitu Kabupaten Blora, Grobogan, Demak dan Kota Semarang. Sedang di Jawa Timur ada Kabupaten Bojonegoro, Lamongan dan Gresik,” papar Suprapto.

Pipa transmisi gas bumi sepanjang 271 Km yang akan dibangun PT Pertamina Gas tersebut, menurut Suprapto untuk mengalirkan gas dari Blok Cepu ke PLN dan PT Petrokima Gresik. Kemudian mengalirkan gas dan LNG di Semarang masuk ke jalur pipa gas transmisi tersebut untuk PLN Tambaklorok ,Semarang dan Jawa Timur.

“Untuk pemasangan pipa transmisi gas bumi tersebut nantinya akan mengikuti jalur kereta api kedalaman dua meter, memotong jalan dan melintasi rel serta sungai. Di Kabupaten Grobogan sendiri akan melewati sembilan kecamatan,” ungkapnya.

Saat ini yang tengah dilakukan PT Pertamina Gas, lanjut Suprapto adalah melakukan sosialiasi dan mengurus izin (13 izin) di tujuh kabupaten/kota yang berada di Jateng dan Jatim.

“Jika izin dari tujuh kabupaten/kota tersebut selesai maka baru bisa mendapatkan izin dari Provinsi Jateng dan Jatim. Target kami di 2011 ini pengurusan ijin selesai. Kemudian pembebasan lahan dan dilanjutkan pembangunan awal untuk pemasangan pipa transmisi di awal tahun 2012,” tegasnya.

(rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya