SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)--Pemerintah bersama dengan Komite Ekonomi Nasional dan Komite Inovasi Nasional saat ini sedang merampungkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh saat memberikan sambutan pada acara pelantikan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Triyogi Yuwono di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (13/4/2011).

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

“Kami membangun enam koridor dan enam pusat pertumbuhan ekonomi yang mempertimbangakan kewilayahan dan ketersediaan sumber daya alam dengan sentuhan teknologi dan inovasi, softskill dan knowledge mulai dari Aceh sampai Papua,” ujar Mendiknas pada rilis yang diterima Espos, Rabu, melalui mediacenterdiknas.

Mendiknas juga mengatakan dengan pembangunan tersebut diperkirakan akan menjaring investasi sebesar Rp 4.000 triliun dan jutaan peluang kerja bisa diciptakan dari perluasan ekonomi.

Bersamaan dengan pembangunan tersebut, Kemdiknas saat ini sedang merampungkan masterplan pembangunan sumber daya manusia yang mendukung MP3EI.

“Kita harapkan SDM yang kita hasilkan nanti mampu memerankan baik sebagai supporter (pendukung), driver (penggerak), dan justru yang kita harapkan adalah sebagai enabler (pemungkin),” lanjutnya.

Supporter dan driver diisi oleh lulusan SMA, D3, dan S1, sedangkan posisi enabler diisi oleh lulusan S2.

Untuk itu, Mendiknas mengajak PT untuk mendukung pembangunan SDM dan menerapkan pemerintahan yang efektif dan efisien.
Adapun strategi untuk menjawab efisiensi dan efektifitas tersebut adalah dengan berbagi sumber daya, integrasi proses, dan pemanfaatan teknologi informasi.

Selain melantik rektor ITS, pada kesempatan yang sama Mendiknas juga melantik Gandjar Kurnia sebagai Rektor Universitas Padjajaran, Thamrin Usman sebagai Rektor Universitas Tanjungpura , I Nyoman Sudiana sebagai Rektor Universitas Pendidikan Ganesha, Ravik Karsidi sebagai Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Ridwan MT sebagai Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe.

(nad/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya