SOLOPOS.COM - Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Karanganyar, Muhammad Maksum. (Solopos.com/Akhmad Luidyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Enam partai politik (parpol) yang harus menjalani verifikasi faktual di Kabupaten Karanganyar dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Sementara itu, satu parpol dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi syarat administrasi (tak punya cukup anggota).

Keenam parpol yang lolos tersebut adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Hal tersebut terungkap dalam rapat pleno Hasil Verifikasi Faktual Perbaikan Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol Tingkat Kabupaten Karanganyar yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU)  di Gedung DPRD Karanganyar, Kamis (8/12/2022).

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Karanganyar, Muhammad Maksum, mengatakan dengan kelolosan ini, enam parpol itu berhak menjadi peserta dalan Pemilu 2024. Sementara Partai Gelombang Rakyat (Gelora) dinyatakan tidak lolos menjadi peserta pemilu di Karanganyar karena tidak memenuhi verifikasi administrasi.

Partai tersebut tidak memiliki jumlah anggota minimal yang dipersyaratkan di Karanganyar, yakni 936 orang. Partai Gelora hanya menyerahkan 252 nama anggota.

Baca Juga: Bantuan Keuangan Parpol Karanganyar Naik, Ini Partai yang Dapat Paling Banyak

Setelah ini KPU Karanganyar segera mengadakan dengar pendapat tentang daerah pemilihan (dapil) untuk pemilu legislatif. “Nanti kami undang stakeholders Karanganyar untuk mencermati rancangan dapil yang sudah kami susun,” imbuh Maksum.

Sekretaris DPD PSI Karanganyar, Landri Sumarmo, mensyukuri partainya lolos verifikasi faktual untuk Pemilu 2024. PSI hanya menargetkan dua kursi di DPRD Karanganyar pada Pileg 2024 nanti. “Ahamdulilah PSI bisa lolos verifikasi faktual sehingga di Karanganyar memenuhi syarat jadi peserta pemilu. Target kami harus ada wakil yang masuk DPRD Karanganyar. Minimal dua kursi,” ujarnya.

Untuk mewujudkan target tersebut, PSI berupaya memperkuat basis keanggotaan di semua daerah. Selain itu, pihaknya juga membuka lowongan calon anggota legislatif, baik dari internal PSI maupun dari luar partai.

Baca Juga: KPU Karanganyar Usul Dana Pilkada 2024 Rp80 Miliar, Belum Disetujui

Sebelumnya, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Ummat tidak akan menjalani verifikasi faktual di Kabupaten Karanganyar. Menurut Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari, sejak awal kedua partai tersebut tidak terdapat dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya