SOLOPOS.COM - Ilustrasi laptop

Solopos.com, JAKARTA—Asus—produsen notebook asal Taiwan—mematok target penjualan 1,2 juta unit notebook dan 450.000 unit tablet di Indonesia tahun depan.

Regional Director Asus South East Asia Rex Lee mengatakan tahun ini berhasil menjual sekitar 800.000-900.000 unit notebook dan menguasai 27% pangsa pasar di Indonesia, sedangkan penjualan tablet sekitar 100.000 unit. Dengan target ini, Asus akan menguasai 30% pangsa pasar notebook dan 10% pangsa pasar tablet di Indonesia.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Ke depan, Asus juga akan ikut meramaikan persaingan ponsel pintar dengan meluncurkan produk terbaru yang mengadopsi platform Android. Meski notebook masih berkontribusi paling besar bagi pendapatan perusahaan, Lee menyatakan secara kuantitas penjualan ponsel pintar akan jauh lebih besar.

“Target kami akan menjual lebih dari 1,2 juta unit ponsel pintar tahun depan,” ujarnya dalam peluncuran notebook terbaru Asus di Jakarta, Selasa (17/12/2013).

Untuk menggenjot penjualan, manajemen juga telah menggandeng distributor baru, PT Dragon Computer & Communication untuk memperkuat pasar di Sulawesi dan Sumatrera.  Sebelumnya, produk Asus sudah lebih dulu didistribusikan oleh PT Astrindo, PT Datascript, dan PT Synnex Metrodata. Rex Lee menyatakan angka penjualan memang masih didominasi di Jawa yang mencapai 70%. Kendati demikian,  Bali, Kalimantan dan Sumatera juga menunjukkan kenaikan penjualan yang signifikan.

Terkait depresiasi rupiah yang terjadi beberapa waktu terakhir, Lee mengatakan hal itu berdampak buruk bagi perusahaan. Oleh karena itu pihaknya berencana untuk menaikkan harga jual produk pada kuartal I 2014.

“Jika kami tidak menaikkan harga, pelemahan rupiah ini akan menggerus pendapatan perusahaan,” tambahnya.

Meski banyak meluncurkan produk premium, Lee mengatakan penjualan produk menengah bawah, menengah dan menengah atas cukup merata. Kendati demikian, produk menengah bawah yang dijual seharga Rp3 juta-Rp5 juta ini berkontribusi sekitar 40% dari total penjualan.

Dalam kesempatan yang sama, Asus juga meluncurkan beberapa notebook terbaru. Beberapa produk merupakan notebook seri lama yang dimodifikasi. Sementara itu, salah satu produk unggulan yang diluncurkan adalah Asus Ultrabook Trio yang dapat digunakan sebagai notebook, tablet dan desktop personal computer sekaligus.

Yohan Wijaya, Head of MNC Sales Indonesia, mengatakan produk terbaru Asus menggunakan Intel core generasi ke-4 sebagai prosesor. Dia mengklaim produk ini merupakan perangkat pertama yang menggunakan dua sistem operasi sekaligus yaitu Android 4.2 dan Windows 8. Di kelas menengah bawah, Asus juga meluncurkan notebook X200, A450 dan A451LB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya