SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Proyek kereta api cepat akan segera dimulai pada 21 Januari mendatang.

Solopos.com, JAKARTA Groundbreaking kereta api (KA) cepat Jakarta-Bandung rencananya dilaksanakan pada 21 Januari 2016. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertanyakan persoalan perizinan dan trase KA tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Presiden Jokowi dalam sambutan sebelum rapat kabinet terbatas mengatakan ingin mendapatkan laporan detil mengenai penetapan trase dan perizinan kereta api cepat Jakarta-Bandung. Pasalnya, pembangunan moda transportasi masal tersebut telah berkali-kali dibahas di Kantor Presiden.

“Pada ratas hari ini saya ingin mengetahui lebih jauh kendala-kendala yang berkaitan dengan perizinan. Saya ingin mendapatkan laporan mengenai penetapan trase kerta api cepat Jakarta-Bandung ini,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Presiden menuturkan pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung harus dipesiapkan secara matang, baik dari aspek analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), penetapan badan usaha negara perkeretaapian, konsorsium pembangunannya, dan penyertaan modalnya.

Menurutnya, pemerintah akan terus mendorong sistem transportasi masal di seluruh wilayah Indonesia. Selain di Jakarta, pembangunan Light rapid train (LRT) juga akan dibangun di Bandung, Surabaya, Palembang, dan kota besar lainnya.

“Daerah-daerah yang dilalui kereta api cepat juga harus betul-betul siap. Saya juga ighin mendapat konsep detil dan gambarannya seperti apa,” ujar dia.

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah mengeluarkan izin trase kereta api cepat Jakarta-Bandung. Izin trase tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP. 25 Tahun 2016 tentang Penetapan Trase Jalur Kereta Api Cepat antara Jakarta dan Bandung Lintas Halim-Tegalluar.

Nantinya akan ada empat stasiun untuk kereta api cepat, yaitu Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar. Fasilitas operasi berupa depo berada di Tegalluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya