SOLOPOS.COM - Progres pembangunan rel layang Joglo Solo telah mencapai 44 persen. Foto diambil Kamis (15/12/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, JAKARTA — Proyek jalur ganda Solo-Kalioso, termasuk di dalamnya pembangunan rel layang Simpang Joglo menjadi satu dari empat proyek yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (11/4/2023).

KPK melakukan OTT terhadap total 25 orang di Jakarta, Depok, Semarang, dan Surabaya, Selasa lalu Namun demikian, hanya 10 orang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. 

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“KPK menyimpulkan adanya dugaan Tindak Pidana Korupsi pemberian dan penerimaan hadiah atau janji terkait dengan proyek pembangunan dan pemeliharaan jalur kereta api di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dengan menetapkan 10 orang tersangka,” terang Wakil Ketua KPK Johanis Tanak pada konferensi pers, Kamis (13/4/2023), mengutip Bisnis.com.

Penerimaan uang yang diduga sebagai suap oleh para pihak dalam kegiatan proyek pengadaan dan pemeliharaan jalan kereta api tersebut sejauh ini diduga mencapai lebih dari Rp14,5 Miliar dan berikutnya akan diteruskan proses penyidikan.

Proyek pengadaan yang dimaksud, pertama, pembangunan jalur kereta api ganda Solo Balapan–Kadipiro–Kalioso. Kedua, proyek pembangunan jalur kereta api di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Ketiga, empat proyek pembangunan jalur kereta api dan dua proyek supervisi di Lampegan, Cianjur, Jawa Barat. Keempat, proyek perbaikan perlintasan sebidang Jawa-Sumatra. 

Rel Ganda Solo-Kalioso

Pada Sabtu (26/11/2022) Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau proyek pembangunan rel ganda KA Solo – Semarang fase 1 segmen Solo Balapan – Kalioso sepanjang 10 kilometer spoor (Km’sp) guna mengecek progres dan memastikan pembangunan berjalan lancar.

Dari 10 Km’sp, sepanjang 1,8 Km’sp dibangun rel kereta api layang (elevated), di atas tujuh simpang perlintasan sebidang di Simpang Joglo, Solo yang terkenal dengan kemacetannya. Dengan dibangunnya rel layang ini diharapkan dapat mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi

“Simpang Joglo adalah urat nadi pergerakan dari Jakarta melalui Solo ke Surabaya,” kata Menhub di Lokasi Proyek Pembangunan Jalur Ganda Ka Solo Balapan – Kadipiro – Kalioso di Viaduk Gilingan, Solo, Sabu, mengutip laman resmi Kemenhub.

Per Agustus 2022, pembangunan rel ganda kereta api Solo Balapan – Kadipiro – Kalioso telah memasuki tahap dua, yakni pengerjaan substructure jembatan dengan rangka baja (pondasi dan tiang penyangga jembatan utama sepanjang 270 meter). 

Pengerjaan akan memakan waktu enam bulan mulai Agustus 2022 hingga Februari 2023. Selanjutnya, pada tahap tiga dilakukan pembangunan berupa erection bentang rangka baja yang mulai dikerjakan pada Februari hingga Juli 2023 dan dilanjutkan dengan erection bentang utama pada Agustus hingga Oktober 2023.

Selain itu juga dilakukan pembangunan Viaduk Gilingan di Jl. Ahmad Yani, Solo yang dikerjakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menyebabkan akan dilakukannya penutupan sementara. 

Pekerjaan ini akan meningkatkan batas ketinggian maksimal kendaraan yang melintas dari yang semula hanya 3,7 meter menjadi 4,2 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya