SOLOPOS.COM - Groundbreaking pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Cikalong Wetan, Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (21/1/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A.)

Solopos.com, JAKARTA – Proyek Kereta Cepat Jakarta–Bandung (KCJB) panen kritikan mulai dari pendanaan hingga spesifikasi proyek.

Ekonom Faisal Basri menyebut panjang rute KA cepat Jakarta-Bandung jauh dari standar dunia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dia mencontohkan panjang rute untuk proyek kereta cepat, rata-rata seluruh dunia rata-rata sepanjang 500 km.

Sementara itu, pada proyek KCJB hanya memiliki panjang sekitar 100 km.

Proyek Properti?

Selain terkait dengan isu panjang rute, Faisal Basri juga mempertanyakan keberlanjutan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ke depannya sebagai proyek transportasi kereta atau proyek properti.

Pasalnya di wilayah yang nantinya dilewati trase proyek KCJB justru terdapat sejumlah pengembang besar dengan proyek properti.

Tak tanggung–tanggung, Faisal menyebutkan di ujung Bandung proyek tersebut ada nama pengembang seperti Summarecon lewat Walin serta Lippo Group.

Baca Juga: Pak Jokowi, Kebijakannya Kok Berubah-Ubah Kenapa? 

Dengan sejumlah isu yang disorotinya tersebut, Faisal mengkhawatirkan keberlanjutan proyek tersebut pada saat Presiden Joko Widodo selesai dengan masa jabatan keduanya.

Dia menyebut apabila proyek itu nantinya mangkrak setelah berakhirnya kepemimpinan Jokowi, persolan ini bisa dimanfaatkan oleh rezim penggantinya.
“Ini semua kalau kita biarkan kasihan Pak Jokowi. Jadi Pak Jokowi nanti selesai banyak proyek mangkrak. Dicaci maki dengan rezim penggantinya,” ujarnya dalam webinar Kemenhub secara virtual, dikutip Bisnis.com, Minggu (10/10/2021).

Terbaru, proyek kereta cepat pada pekan ini mencapai babak baru dengan ditekennya Perpres No.93/2021.

Lewat peraturan tersebut, pemerintah mengizinkan pembiayaan kereta cepat dari APBN, berubah dari peraturan sebelumnya.

Selain pembiayaan, lewat Perpres Jokowi juga menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai pimpinan Komite Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung.

Trans Sulawesi

Selain kereta cepat, Faisal juga mengkritik proyek KA Trans Sulawesi.

Menurutnya, di wilayah Sulawesi lebih tepat membangun konektivitas menggunakan kapal Ro-Ro yang beroperasi 24 jam.

“KA Trans Sulawesi itu keblinger, karena yang bagus di Sulawesi itu namanya Ro-Ro yang jalan 24 jam karena Sulawesi cantik, jadi nggak cocok untuk kereta api,” imbuhnya.

Tak hanya soal kereta, Faisal juga mengkritik proyek transportasi lainnya seperti pelabuhan.

Baca Juga: Target Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung 

Dia menjelaskan persoalan pelabuhan di Kuala Tanjung, Sumatra Utara.

Menurutnya, dari sisi lokasi letak pelabuhan tersebut terlalu dekat dengan Pelabuhan Belawan.

“Itu terlalu dekat dengan Belawan lantas dibikinlah design Belawan Domestik, Kuala Tanjung Internasional, tapi nggak laku. Nggak laku dibuatlah proyek Kuala Tanjung itu ramai, namanya Sumatra Food Estate. Jadi untuk menutupi kesalahan desain dibuat sesuatu yang tambah kacau,” paparnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya