SOLOPOS.COM - Suasana diskusi tentang layanan data XL 4G LTE di Prima Abadi, Sabtu (17/1/2015). (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

Provider GSM berlomba menyediakan layanan data 4G di empat kota besar.

Harianjogja.com, SLEMAN – Provider GSM di Indonesia seolah ingin berlomba-lomba dengan layanan kecepatan. Kali ini PT XL Axiata Tbk (XL) mengeluarkan layanan data dengan kecepatan 4G-LTE (Long Term Evolution) untuk empat kota, yakni Jakarta, Medan, Jogja dan Bogor.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Area Sales Manager Sleman Widada menerangkan Jogja terpilih menjadi salah satu kota yang bisa mengakses layana 4G karena memang sudah banyak pengguna smartphone yang support dengan 4G. Sementara kota besar lain, seperti Semarang, Solo dan Surabaya masih belum banyak.

“Jika belum banyak pengguna smartphone tentu kami akan percuma mamasang kecepatan maksiman ini. Sebab dengan layana 4G ini pengguna bisa mengakses layanan data mencapai 100 Mbps. Bahkan streaming nyaris tanpa putus-putus,” kata Widada saat sosialisasi layanan 4G XL di Prima Abadi, Sabtu (17/1/2015).

Widada menjelaskan di Jogja sendiri pengguna smartphone dengan layanan 4G memang sudah tinggi. Khususnya di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Belum lagi untuk wilayah Kota Jogja rata-rata smartphone sudah support layanan 4G.

“Beberapa BTS sudah kami siapkan layanan 4G ini. Kami berharap jaringan 4G ini benar-benar bisa dimanfaatkan para pengguna gadget di Jogja. khususnya mahasiswa,” kata Widada.

Widada menambahkan, meskipun sudah support dengan layanan 4G dia berharap pengguna tidak mengunci layanan hanya dijaringan 4G. Sebab layanan jaringan 4G ini hanya untuk layanan data saj, secangang voice dan sms belum bisa.

“Kami sedang menyiapkan agar layanan 4G bisa untuk semuanya. Namuna untuk saat ini kami berharap pengguna tidak mengunci layanan khusus untuk 4G saja. Ada baiknya layanan dipasang untuk frekuensi 2G hingga 4G,” jelas Widada yang mengaku paket super XL 4G LTE ada tiga yakni 4 GB, 6 GB dan 8GB.

Widada mengaku penjualan untuk paket 4G ini sudah mencapai 60% hingga hari ini. Animo cukup banyak di XL 4G LTE sangat besar di Jogja.

Optimasi Jaringan Ericcson Jogja Danang Mubiarto Bayuaji mengaku sejauh ini BTS di Jogja yang banyak gunakan 4G adalah di Umbulharjo. Layanan 4G di sana traffictnya sudah sangat tinggi, sedangkan traffict tinggi ke dua ada di Kricak atau belakang TVRI Jogja.

“Kami melihat traffic yang tinggi ini setelah sebulan diluncurkan. Banyak pengguna di dua BTS ini yang memaksimalkan layana 4G. Sedangkan diwilayah BTS UPN pengguna belum maksimal namun sangat banyak,” jelas Danang.

Penggemar Gadget Jogja Antoniuis Frans Setiawan mengaku layanan 4G memang sudah dibutuhkan masyarakat Jogja. Terlebih saat ini penjual online memang yang terbesar berada di Jogja. mereka sangat membutuhkan koneksi data yang lebih cepat.

“Mereka sangat butuh karena untuk media sosial, kemunikasi data dan suara, membangun relasi, membangun bisnis secara glogal hingga membuat virtual office. Jadi jika kecepatan bisa lebih maksimal tentu mereka bisa lebih leluasa untuk memasarkan barangnya di dunia maya,” kata Frans.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya