SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO—PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengadakan promo Gong Xi Fa Cai untuk kereta keberangkatan 27 Januari-28 Februari. Hari pertama promo tersebut diluncurkan, tiket promo langsung ludes.

Kepala Stasiun Solo Balapan, Bakti Sulistyo, mengatakan tiket promo tersebut hanya berlaku untuk kereta api (KA) jarak jauh, yakni Solo/Yogyakarta-Jakarta dan rute sebaliknya. Dia menjelaskan tiket promo tersebut hanya berlaku untuk KA Argo Dwipangga, Argo Lawu, Bima dan Gajayana.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Menurut dia, masing-masing rangkaian terdapat 10 tiket promo di masing-masing rangkaian kereta atau setiap kali perjalanan. Namun diakuinya lokasi tempat duduk tersebut tidak berada di lokasi strategis. Satu tiket kereta promo dijual dengan harga Rp168.000 lebih murah jika dibandingkan harga normal sekitar Rp400.000.

“Promo ini dilakukan dalam rangka menyambut Imlek dan meningkatkan minat penumpang naik kereta eksekutif,” ungkap Bakti saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (27/1/2014).

Bakti menjelaskan promo tersebut memang biasa dilakukan PT KAI apabila ada momen khusus, seperti saat Valentine dan Sumpah Pemuda. Asisten Humas Daerah Operasional (Daops) 6 Yogyakarta, Sugeng Muji Wibowo, mengatakan respons masyarakat terhadap promo tersebut sangat bagus. Oleh karena itu, dalam sehari, tiket promo langsung ludes, khususnya rute Solo -Jakarta.

“Promo ini memang sudah ditunggu calon penumpang. Kebanyakan calon penumpang membeli secara online pada malam hari sehingga cepat habis,” kata Sugeng.

Tak ayal, hal tersebut membuat penumpang yang ingin membeli tiket langsung di loket kecewa, seperti yang dialami Danang. Laki-laki paruh baya ini berencana membeli dua tiket promo ke Jakarta untuk keberangkatan 31 Januari. Namun sayang, tiket promo yang diinginkan hanya tinggal satu.

“Kecewa pasti tapi mau apa lagi karena saya butuhnya dua kursi tapi hanya ada satu [tiket promo yang tersisa]. Akhirnya saya beli tiket dengan harga reguler sekitar Rp400.000,” kata dia.

Lebih lanjut, Sugeng mengatakan tiket promo tersebut tidak bisa ditunda atau diganti. Selain itu, apabila tiket dibatalkan, menurut dia, tidak mendapat pengembalian biaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya