SOLOPOS.COM - ilustrasi (ist)

Program beasiswa bidikmisi UNS tahun ini kuotanya turun.

Solopos.com, SOLO-Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo melakukan seleksi terhadap mahasiswa baru dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 yang mengajukan permohonan bantuan beasiswa Program Bidikmisi. Hal itu menyusul kuota penerima beasiswa tersebut yang tahun ini hanya untuk 600 orang.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Hal itu diakui Wakil Rektor (WR) 1 (Bidang Akademik) UNS, Sutarno, ketika dimintai informasi, Sabtu (2/7/2016).

Sutarno menyebutkan, tercatat ada 848 mahasiswa baru dari jalur SBMPTN yang mengajukan permohonan bantuan beasiswa tersebut.
Namun Sutarno yang juga Ketua Panitia Lokal (Panlok) 44 Solo (UNS) itu, mengemukakan, mereka tidak serta merta menerima beasiswa tersebut.

“Sebanyak 848 calon mahasiswa tersebut belum pasti menerima beasiswa Bidikmisi, karena akan ada seleksi ekonomi dan verfikasi dari tim. Mereka hanya lolos secara akademis,” katanya.

Sutarno menjelaskan, tahun lalu UNS menerima kuota penerima beasiswa bidikmisi sebanyak 1.200 mahasiswa baru. Sementara tahun ini hanya menjadi sekitar 600 orang. Kondisi tersebut hampir terjadi di seluruh perguruan tinggi negeri.

Alokasi beasiswa untuk mahasiswa berprestasi namun tidak mampu tersebut sebanyak 600 orang, namun sebanyak 500 orang di antaranya sudah diberikan pada mahasiswa yang sudah lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sehingga hanya tersisa 100 kursi.

“Seleksinya akan benar-benar ketat karena 848 calon akan berebut 100 kursi. Namun selain sisa alokasi, kami juga akan berupaya mengajukan tambahan kuota ke Pusat jadi kalau bisa 848 itu bisa menerima bidik misi semua,” kata Guru Besar Bidang Pertanian itu.

Jika lolos, tambah Sutarno, mereka menerima beasiswa, sedangkan jika tidak diterima mereka tetap berkuliah dengan biaya sendiri.
Penjelasan senada disampaikan WR 3 (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) UNS, Darsono, saat ditemui terpisah.

“Saat ini masih proses seleksi, termasuk verifikasi,” kata Darsono. UNS akan menerima sekitar 6.000 mahasiswa baru di tahun ajaran 2016/2017.

Sutarno menambahkan, dengan penerimaan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, masih tersisa sekitar 1.000 kursi mahasiswa baru melewati jalur Seleksi Mandiri UNS atau SMUNS.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya