SOLOPOS.COM - Pemuda di Cirebon, Jawa Barat bernama Muhammad Said Fikriansyah dituduh sebagai pemilik akun hacker Bjorka, Rabu (14/9/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Profil Muhammad Said Fikriansyah, pemuda asal Cirebon, Jawa Barat sempat dituding sebagai hacker Bjorka.

Tudingan tersebut berawal dari unggahan pemilik akun Instagram @volt_anonym. Dia melayangkan tudingan itu setelah mendapat bocoran bahwa data yang disebarkan Bjorka hanya salinan.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Melalui akun Instagramnya, @volt_anonym mengungkap Bjorka adalah seorang WNI bernama Muhammad Said Fikriansyah.

“Data yang katanya 133M dari meretas Kominfo tidak lebih isinya cuma 200 data saja dan itupun di-copy sehingga banyak data yang sama seolah-olah data yang dia curi sebanyak 133M. Padahal cuma 200-an. Ini sama saja data dump [sampah] yang sudah banyak kedaluwarsa. Ngaku gak lu!!! @muhammadsaidfikriansyah. Data lu sama data bjorka sama,” tulis akun @volt_anonym, Selasa (13/9/2022).

Identitas hacker Bjorka sempat menjadi pertanyaan publik lantaran ada beberapa hal yang janggal. Hacker tersebut diduga berasal dari Indonesia karena gaya bahasa dan motif politik.

Baca Juga : Dituduh sebagai Hacker Bjorka, Ini Bantahan Pemuda Asal Cirebon

Setelah membeberkan beberapa data pemerintah, akun Twitter Bjorka terkena suspend hingga tiga kali. Lantas, siapa Muhammad Said Fikriansyah? Berikut profil Said Fikriansyah, pemuda Cirebon yang dituding sebagai hacker Bjorka.

Pria asal Cirebon tersebut merupakan seorang pelajar SMK yang sedang belajar sebagai editor video. Ia mengaku tak mengerti mengenai IT dan bukan hacker seperti yang dituduhkan.

Ia mengaku sedang mengikuti kejar paket C untuk belajar editing. Dia menyebut tudingan yang dilontarkan pemilik akun @volt_anonym tersebut tak berdasar. Said mendatangi Polres Cirebon untuk meminta pendampingan.

Profil Muhammad Said Fikriansyah berikutnya menyebutkan bahwa warga asal Cirebon itu lahir pada 8 Maret 2005. Dia bekerja sebagai editor CGI Indoprid di Artlants sekaligus produser musik.

Di sisi lain, pemerintah melalui Menko Polhukam, Mahfud Md., menyampaikan telah mengantongi identitas Bjorka. Mahfud Md., menyampaikan bahwa Satgas Perlindungan Data telah mengantongi identitas dan keberadaan hacker Bjorka.

Baca Juga : Bantah sebagai Hacker Bjorka, Pemuda Asal Cirebon Tak Paham Dunia Peretasan

“Sampai sekarang ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh tim dan Polri, tapi belum bisa diumumkan,” ujar Mahfud dalam konferensi pers terkait Pembentukan Satgas Perlindungan Data yang disiarkan di kanal YouTube Kemenko Polhukam RI, Rabu (14/9/2022).

Dia mengklaim satgas sudah memiliki alat untuk melacak sosok dan keberadaan hacker Bjorka. Oleh karena itu Mahfud meminta masyarakat tetap tenang dalam menyikapi serangan siber Bjorka.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Dituding sebagai Bjorka, Ini Pekerjaan Asli Muhammad Said Fikriansyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya