SOLOPOS.COM - Jubir Timnas AMIN Indra Charismiadji. (Indracharismiadji.com)

Solopos.com, SOLO — Publik dibuat penasaran dengan profil Indra Charismiadji lantaran Jubir Timnas AMIN itu ditangkap oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kejari Jaktim) terkait kasus dugaan pajak pada 2019 lalu. Indra yang merupakan caleg Partai NasDem itu ditangkap pada Rabu (27/12/2023).

Setelah ditangkap, Indra Charismiadji ditahan di Rutan Cipinang dan ditetapkan sebagai tersangka. Tak hanya dia, ada tersangka lain dalam kasus ini, yakni Ike Andriani. Mereka diduga terlibat dalam kasus Tindak Pidana Perpajakan dan Tindak Pidana Pencucian Uang yaitu sengaja menerbitkan dan atau menggunakan faktur pajak yang tidak berdasarkan transaksi yang sebenarnya dalam kurun waktu tahun pajak Januari hingga Desember 2019.

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

Indra diketahui sebagai pemilik PT Luki Mandiri Indonesia Raya bersama Ike Andriani selaku pengelola PT yang sama sekitar Januari hingga Desember 2019 diduga melakukan penggelapan pajak dengan sengaja tidak menyampaikan surat pemberitahuan masa PPN atau sengaja tidak menyetorkan PPN yang telah dipungut ke kas negara.

“Sehingga menimbulkan kerugian pada pendapatan negara sebesar Rp1.103.028.418,” jelas Plh. Kepala Seksi Intelijen Kejari Jakarta Timur Mahfuddin Cakra Saputra, dilansir Antara, Rabu (27/12/2023).

Berdasarkan profil Indra Charismiadji di laman resminya, Jubir Timnas AMIN yang ditangkap Kejari Jaktim itu lahir dari keluarga pendidik. Tak ayal, dia begitu mencintai dunia pendidikan.

Profil Indra Charismiadji

“Memang sejak dari kecil, passion saya ada di dunia pendidikan. Jadi, walaupun saya berlatar belakang pendidikan dari bidang yang berbeda namun rasa cinta terhadap bidang pendidikan bagaikan magnet yang menarik diri saya untuk selalu berkiprah dalam bidang edukasi,” kata dia dalam keterangan tertulis di laman resmi miliknya.

Pria kelahiran Bandung, 9 Maret 1976 ini juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Center for Education Regulations and Development Anaylisis (CERDAS). Indra menyelesaikan studi dari the University of Toledo, negara bagian Ohio, Amerika Serikat, dengan gelar ganda di bidang keuangan dan pemasaran untuk jenjang strata satu. Lalu, dia melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di Dana University, Ottawa Lake, negara bagian Michigan, Amerika Serikat.

Dengan berbekal pengalaman bekerja di beberapa perusahaan tingkat dunia di Amerika Serikat seperti Merril Lynch, Omnicare, dan Dana Corporation, pada tahun 2002, Indra memutuskan untuk kembali ke tanah air. Kemudian, dia memilih berperan aktif dalam mengembangkan mutu pendidikan di Indonesia.

Dalam profilnya, Indra Charimiadji yang merupakan Jubir Timnas AMIN dan saat ini ditangkap pihak Kejari Jaktim itu dikenal sebagai seorang pemerhati dan praktisi pendidikan dengan spesialisasi di Pembelajaran Abad 21 atau Edukasi 4.0 muda yang sangat kritis dan berani dalam menyampaikan pendapat dan berbagai pemikirannya.

Sepak terjang dia dalam membangun pendidikan Indonesia membuahkan penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) pada 2018.

Dalam bidang organisasi, Indra Charismiadji juga berperan aktif sebagai Direktur Utusan Khusus Pendidikan Vox Populi Institute Indonesia, Ketua Dewan Pembina di Perkumpulan Sekolah Digital Indonesia, Ketua Dewan Pembina di Harmoni Pendidik Pengajar Indonesia (HIPPER 4.0), Ketua Dewan Pembina di Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO), Dewan Pembina Ikatan Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi PGRI (IGTIK PGRI), anggota kehormatan dari APACALL (Asia Pacific Association for Computer-Assisted Language Learning), anggota dari ISTE (International Society for Technology in Education), dan anggota dari CSTA (Computer Science Teachers Association).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya