SOLOPOS.COM - Profesor asal Fordham University Amerika Serikat Iftekhar Hasan memberikan orasi ilmiah setelah menerima penghargaan UNS Award di auditorium kampus setempat, Jumat (8/3/2024). (Tangkapan layar YouTube UNS)

Solopos.com, SOLO—Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo memberikan penghargaan UNS Award kepada profesor asal Fordham University Amerika Serikat,  Iftekhar Hasan.

Penghargaan itu diberikan kepada Iftekhar pada Sidang Senat Akademik dalam rangka Dies Natalis ke-48 UNS di Auditorium kampus setempat, Jumat (8/3/2024). 

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Penghargaan tersebut diberikan lantaran profesor asal negeri Paman Sam itu memiliki kontribusi dalam dua bidang. Pertama, Iftikhar dianggap berkontribusi dalam bidang ekonomi, terutama sektor ekonomi di negara berkembang. 

Dia telah banyak melakukan riset tentang keuangan di negara berkembang dan memberikan rekomendasi kebijakan terkait pengembangan di sektor keuangan dan perbankan, termasuk di Indonesia.

Hal itu terbukti dengan jumlah publikasi Iftekhar di jurnal bereputasi Scopus sebanyak 325 dan telah dirujuk oleh lebih dari 11.000 orang. Dia juga menjadi konsultan di berbagai institusi internasional seperti World Bank dan IMF.

Alasan kedua profesor Amerika Serikat ini mendapatkan UNS Award adalah secara spesifik Iftekhar dianggap berkontribusi pada pengembangan institusi dalam upaya akselerasi peringkat UNS di tingkat internasional. Dirinya memiliki kapasitas sebagai Chairman of UNS International Advisory Board atau Ketua Dewan Penasehat Internasional di UNS.

Iftekhar  juga berkontribusi sebagai pembimbing disertasi beberapa dosen UNS yang mengambil program doktor atau PhD hingga mereka lulus dari perguruan tinggi di luar negeri. Salah satunya adalah  Plt. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi, Irwan Trinugroho pada 2014.

Profesor asal Amerika Serikat itu juga menjembatani UNS dalam menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi internasional seperti University of Twente Belanda, Bangor University Inggris, University of Rome Italy, dan University of Portsmouth Inggris.

Iftekhar ketika ditemui wartawan selepas acara mengatakan dirinya merasa terhormat telah mendapatkan UNS Award. Dia mengaku bekerja sama dan terlibat dengan UNS sejak sekitar sepuluh tahun lalu. Menurutnya universitas yang berada di Solo itu memiliki reputasi baik di Indonesia.

“Saya senang menjadi bagian dari perkembangan UNS di tingkat internasional. Saya senang menjadi bagian dari reputasi universitas. Terima kasih untuk universitas yang telah memberikan kehormatan ini,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama Plt. Rektor UNS Solo Chatarina Muliana mengatakan usia yang sudah mencapai 48 tahun merupakan usia yang matang untuk sebuah institusi perguruan tinggi.

Dirinya menyampaikan UNS harus mampu bertransformasi melalui kontribusi berkelanjutan untuk memberikan kontribusi yang nyata ke masyarakat. Dia berharap UNS ke depan juga mampu meluluskan orang-orang yang berkualitas serta bermanfaat.  

“Kontribusinya melalui berbagai inovasi berkelanjutan untuk memberikan kontribusi dalam berbagai pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi yang bermanfaat bagi bangsa dan masyarakat,” kata dia ketika ditemui wartawan selepas acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya