SOLOPOS.COM - Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prof. Ir. Sarjito, M.T, Ph.D, terpilih sebagai Ketua Umum Konsorsium Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (LPPM PTMA) periode 2023-2017. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Prof. Ir. Sarjito, M.T, Ph.D, terpilih sebagai Ketua Umum Konsorsium Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (LPPM PTMA) periode 2023-2027, untuk kali pertama pada Musyawarah Nasional (Munas) lembaga itu. Munas diselenggarakan di Hotel Sunan, Solo, selama dua hari, 17-18 Juli 2023.

Pemilihan yang berlangsung sangat kondusif itu, didahului dengan kegiatan pemaparan Sharing Good Practice dari beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang sudah melakukan berbagai strategi pengembangan riset, pengabdian dan publikasi. Kegiatan itu teragendakan pada hari pertama. Sedangkan pemilihan ketua umum dan pengurus LPPM PTMA periode 2023-2027 dilakukan pada hari ke dua.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

“Pada kesempatan ini, Prof. Sardjito diberi amanah sebagai Ketua Umum LPPM PTMA Periode 2023-2027. Di Solo ini memang munas pertama, sebelumnya jabatan ketua umum itu belum ada,” jelas Agus Ulinuha, M.T., Ph.D., Ketua LPPM PTMA Periode 2019-2023 itu, Selasa (18/7/2023).

Pemilihan Ketua Konsorsium disepakati dengan tujuh formatur yang berasal dari UMS, UMM, UMKT, UMY, UMSU dan UMMAT. Mereka secara bulat menunjuk Prof. Sarjito sebagai Ketua Umum. Ketua terpilih diharapkan mampu menjalankan amanah dengan baik.

Menanggapi keterpilihannya, Prof. Sarjito mengungkapkan rencananya untuk membentuk struktur organisasi dalam waktu dua pekan, yang akan mencakup bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi, dan Hak Kekayaan Intelektual.

Pola kerja sama optimal antar-LPPM PTMA, tambah dia, juga akan dirumuskan untuk memperkuat riset, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi. Terakhir, akan disusun kepengurusan Konsorsium Nasional LPPM PTMA sebagai tindakan konkret untuk mewujudkan tujuan kolaboratif tersebut.

“Tujuannya adalah untuk mengembangkan program strategis yang merata di seluruh perguruan tinggi dan mendorong hilirisasi program-program tersebut,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (20/7/2023).

Selain itu, Prof. Sarjito memiliki program-program jangka pendek dan jangka panjang. Program jangka pendek, lanjutnya, adalah mengintensifkan konsolidasi PTMA agar dapat bersinergi secara efektif. Sedangkan program jangka panjangnya adalah kolaborasi join riset PTMA dan Matching Fund, yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang riset antara PTMA.

“Melalui program-program ini, PTMA diharapkan dapat memperkuat sinergi antar perguruan tinggi serta meningkatkan hilirisasi program-program strategis untuk keberlanjutan dan kemajuan yang merata,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya