SOLOPOS.COM - Polisi menghadapi warga yang memblokade jalur Pati-Kudus karena menolak pabrik semen, Kamis (23/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Produksi semen Indonesia akan menjadi yang terbesar di Asia tahun depan.

Solopos.com, JAKARTA — Asosiasi Semen Indonesia optimistis Indonesia dapat menjadi produsen semen terbesar di Asia pada 2017 seiring beroperasinya delapan pabrik baru dengan kapasitas hingga 24 juta ton dalam dua tahun mendatang.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Asosiasi Semen Indonesia Widodo Santoso mengatakan pertumbuhan penjualan semen tahun ini diperkirakan sebesar 2% atau naik dari 59,9 juta ton pada 2014 menjadi 61,08 juta ton pada 2015.

“Tahun depan saya akan optimis kalau proyek infrastruktur pemerintah mulai jalan pada Februari, permintaan semen akan lebih besar. Angka kenaikan 5% itu gampang, kecil,” ujarnya di Kantor Presiden, Senin (29/9).

Widodo mengatakan pertumbuhan konsumsi semen nasional akan diikuti oleh peningkatan produksi semen di Tanah Air yang saat ini produksinya mencapai sekitar 65 juta ton.

Peningkatan produksi, lanjutnya, didorong oleh tambahan 4 pabrik semen baru yang mulai berproduksi pada tahun ini dan 4 pabrik lainnya akan mulai beroperasi pada 2016. Total produksi delapan pabrik baru itu diperkirakan mencapai 24 juta ton.

“Jadi pada 2017 Indonesia merupakan pabrik semen terbesar di Asia kalau dulu nomor satu Vietnam, kita, Thailand dan lainnya. Tahun depan kita sudah leader,” katanya.

Widodo menambahkan empat pabrik baru yang berjalan pada tahun ini adalah pabrik Semen Bosowa, Semen Holcim, Semen Merah Putih, dan Semen Pan Asia. Empat pabrik baru tersebut diperkirakan mampu memproduksi 11 juta ton-12 juta ton semen per tahun.

“Dengan kenaikan kapasitas tadi, kita tahun depan ekspor minimal 5 juta ton. Ini merupakan informasi baik dalam meningkatkan neraca perdagangan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya