SOLOPOS.COM - Kedelai (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

Kedelai (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

JAKARTA- Kebutuhan kedelai di dalam negeri setiap tahun terus bertambah bahkan bisa mencapai tiga juta ton. Sementara produksi kedelai dalam negeri cenderung fluktuatif alias naik turun, bahkan selama 10 tahun terakhir tak pernah tembus satu juta ton.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Pertanian Suswono mengakui selama ini 60% kebutuhan kedelai di Indonesia didapat dari impor. Negara pemasok terbesar kedelai ke Indonesia adalah Amerika Serikat disusul Kanada, China, Ukraina, dan Malaysia.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) selama 2002 hingga 2011, produksi kedelai di dalam negeri mencapai rekor tertinggi 974.512 ton pada 2010, sementara produksi terendah terjadi pada 2007 yang hanya mencapai 592.534 ton.

Penyumbang terbesar masih berasal dari Jawa Timur, misalnya 2011, provinsi ini mampu memproduksi 366.999 ton kedelai dari 851.286 ton, disusul oleh NTB mencapai 88.099 ton. Hampir seluruh provinsi di Indonesia memproduksi kedelai dengan jumlah yang terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya