SOLOPOS.COM - Dosen dan Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta saat menggelar kegiatan bersama warga RW 09 Kelurahan Sondakan, Laweyan, Surakarta beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Dosen dan Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta menggelar kegiatan bersama warga RW 09 Kelurahan Sondakan, Laweyan, Surakarta sebagai wujud menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Peserta acara yakni warga RW 09 dengan tujuan kegiatanmeningkatkan kesehatan masyarakat dan menumpuk kesadaran pola hidup sehat khususnya bijak dalam merokok. Kegiatan ini melibatkan Ketua RT, Ketua RW, Kader Kesehatan, serta warga setempat.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Di RW 9 Kelurahan Sondakan sebenarnya sudah ada saung rokok, akan tetapi tidak difungsikan dengan baik. Kegiatan aktivasi Pojok Rokok ini jadi alah satu wujud Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Pojok Rokok ini sengaja didirikan semata mata untuk meningkatkan kepedulian dan kesehatan masyarakat, sehingga para perokok aktif tidak meracuni para perokok pasif yang berada di sekitarnya karena telah disediakan tempat khusus.

Hal ini bagian dari etika merokok dan sebagai sikap bijak dalam merokok. Bentuk Germas yang bisa di lakukan perokok aktif yaitu tidak merokok dirumah agar mencegah kontaminasi asap rokok terhadap anggota keluarga yang ada di dalam rumah.

Pojok Rokok dibuat 3 tempat di masing-masing RT di RW 9 yaitu di Rt 1, RT 2, dan RT 3. Kegiatan ini berupa mendirikan pojok rokok dengan target utama perokok aktif warga RW 09.

Dengan menggunakan media poster, tanaman filter, dan tong pembuangan putung rokok.

Media poster di tempel di dinding posko pojok rokok, tanaman filter digunakan untuk membantu menyerap asap rokok dengan konsentrasi 30%, serta tong pembuangan putung rokok di sediakan di posko pojok rokok agar putung rokok tidak di buang sembarangan.

Pada akhir kegiatan, Dosen dan Mahasiswa Prodi D III Kebidanan Universitas Duta Bangsa Surakarta menyampaikan pesan bagi warga sesuai tagline Germas yakni sehat mulai dari saya.

Melalui acara tersebut diharapkan warga mulai peduli dengan kesehatan diri dan keluarga dengan hidup bersih dan sehat, menjaga pola hidup, bergerak aktif serta rutin memeriksakan diri atau medical check-up.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya