SOLOPOS.COM - Tahap pertama PPDB Kota Solo untuk jalur afirmasi (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Dinas Pendidikan (Disdik) Solo akan terlebih dahulu memprioritaskan anak-anak dari jalur afirmasi yang terdiri atas keluarga miskin (Gakin) dan anak berkebutuhan khusus (ABK) PPDB 2023.

Kepala Bidang SMP Disdik Solo, Abi Satoto, mengatakan calon peserta didik (CPD) dari kelompok Gakin dan ABK mendapat prioritas agar memiliki kesempatan lebih lebar untuk mendaftar sekolah negeri di Solo.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

“Harapannya kalau nanti tidak bisa diterima lewat jalur afirmasi. Anak itu bisa mendaftar lewat jalur zonasi, atau prestasi,” kata dia ketika ditemui Solopos.com di kantornya, Rabu (10/5/2023).

Abi menambahkan bersamaan dengan pendaftaran afirmasi ini, pihaknya membuka sekolah khusus olahraga (SKO) tingkat SMP.

Tujuannya agar CPD yang tidak diterima di SKO SMP tetap memiliki kesempatan mendaftar melalui jalur zonasi atau pun prestasi. “Setelah selesai, baru proses [pendaftaran] reguler [zonasi] dan prestasi,” kata dia.

Sementara itu, dia mengatakan kuota kurang lebih sama dengan tahun lalu. Namun persentasenya bisa saja berubah. Terutama jika terdapat daerah yang banyak dari kelompok Gakin dan ABK.

Abi mengatakan sekolah yang di daerahnya banyak CPD dengan kategori afirmasi akan dinaikan persentasenya. “Tapi nanti daya tampung tetap, hanya persentasenya saja yang berubah,” kata dia.

Mekanisme penambahan persentase tersebut didasarkan atas usulan dari pihak sekolah. Hal itu bisa dilihat dari data PPDB tahun sebelumnya. “Misal dari data sekian tahun lalu ternyata kok menolak anak-anak afirmasi, ya silakan mengajukan untuk menambahkan kuota,” ujar dia,

Dia menyebut langkah itu harus dilakukan agar calon peserta didik dari kategori afirmasi tetap mendapat hak untuk sekolah. Terlebih jika beralih ke swasta, kemungkinan akan terkendala biaya.

“Paling tidak, kita pemerintah mencoba untuk hadir, memberi kesempatan belajar. Jangan sampai hanya karena dia kuotanya tidak cukup dan tidak bisa sekolah,” lanjut dia.

Tahun ini total ada empat jalur yang dibuka untuk PPDB online 2023 di Solo, di antaranya jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, jalur prestasi, dan jalur sekolah khusus olahraga (SKO) SMP. “Tahun kemarin masih KKO, sekarang SKO,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya