SOLOPOS.COM - Tim mahasiswa UNS Solo pemenang Lomba Debat yang diselenggarakan Himara Fisip Universitas Sriwijaya (Unsri) di Palembang, 13-14 Maret 2015, menunjukkan piala yang berhasil dibawa pulang, Jumat (17/4/2015). (Istimewa/UNS Solo)

Prestasi mahasiswa UNS Solo ini membanggakan. Tim debat UNS Solo berhasil membawa pulang gelar juara.

Solopos.com, SOLO — Tim mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil menyabet Juara I dalam Lomba Debat yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara (Himara) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sriwijaya (Unsri) di Palembang, 13-14 Maret 2015.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Tim tersebut beranggotakan Triana Rahmawati, mahasiswa angkatan 2011 Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Rizqa Febriliany Putri, mahasiswa Fakultas Kedokteran, dan Eka Anzihory, mahasiswa Program Studi Fisika, Fakultas MIPA.

Ketiganya mengikuti kompetisi bertajuk Action Himara FISIP Unsri yang diikuti oleh 20 tim dari tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

Tema Debat

Ada dua tema debat yang dilombakan dalam kompetisi tersebut, yaitu Pemilukada Tidak Langsung dan Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Ada tiga babak dalam kompetisi tersebut, yakni babak penyisihan, semi final, dan final. Di babak penyisihan, 20 tim tersebut dibentuk menjadi Focus Group Discussion (FGD) dan saling mengeluarkan argumen sesuai dengan kategorinya.

Dari babak penyisihan ini, ada empat tim yang lolos menuju babak semi final, yaitu UNS, Universitas Padjajaran (Unpad), dan dua tim dari Unsri. Dari hasil kompetisi tersebut, mereka berhasil meraih poin tertinggi sebesar 85 poin dan menyabet juara 1, disusul tim dari Unpad yang meraih 84 poin.

Triana saat ditemui wartawan di Kampus UNS, Jumat (17/4/2015), mengakui dalam lomba tersebut tim beranggotakan tiga mahasiswa dari jurusan dan fakultas yang berbeda. Masing-masing anggota tim merupakan aktivis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS.

“Ya kami bertemunya karena sama-sama aktif di BEM. Dalam mengikuti lomba ini anggotanya memang dari jurusan dan fakultas yang berbeda-beda, sebab kami meyakini dalam lomba debat ini semua disiplin ilmu diperlukan untuk dipadukan,” ungkap Triana.

Triana juga mengakui persiapan mereka dalam mengikuti lomba debat tersebut boleh dikatakan sangat terbatas. Hal itu mengingat kesibukan dari masing-masing anggota baik dalam mengikuti perkuliahan maupun aktivitas di luar studi, seperti kegiatan BEM dan organisasi mahasiswa lainnya.

“Bahkan latihan yang kami lakukan yaitu pada saat kami datang ke lokasi, kami langsung pergunakan waktu yang ada untuk berlatih, mengumpulkan materi dan sebagainya,” imbuh Eka.

Dia mengatakan sangat bangga bisa merebut Juara I dalam lomba tersebut dan membawa nama harum UNS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya