SOLOPOS.COM - Gedung Pusat UGM Yogyakarta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Prestasi mahasiswa, Tim Rajawali akan mewakili UGM dan Indonesia untuk mengikuti kompetisi desain pesawat.

Harianjogja.com, JOGJA-Tiga mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil lolos dalam babak kedua kompetisi desain pesawat terbang dan bandara yang diselenggarakan Airbus. Selanjutnya, mereka akan mempersiapkan kompetisi pada babak berikutnya yang jatuh pada Bulan Mei mendatang.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Tiga mahasiswa yang menamakan kelompoknya sebagai tim Rajawali ini, dua di antaranya merupakan mahasiswa jurusan Teknik Mesin angkatan 2012 bernama Hibran S. Maksum dan Muhammad Faiz Aghni. Sedangkan satu mahasiswa yakni R. Edni Doni Achsan berasal dari Teknik Industri angkatan 2013. Ketiganya mengikuti kompetisi internasional yang bertajuk Fly Your Ideas (FYI).

“Rajawali akan mewakili UGM dan Indonesia bersama dengan tim Fly Green dari Universitas Sebelas Maret atau UNS,” kata Hibran selaku ketua tim.

Pihaknya mengatakan sebenarnya pada kompetisi kali ini UGM mengirimkan tujuh deleasinya. Hanya saja yang berhasil lolos babak kedua hanyalah tim Rajawali. Tim yang didampingi dosen pembimbing, Rahmat Sriwijaya, ini mengambil sub-tema efficiency dalam kompetisi FYI.

FYI sendiri diselenggarakan dua tahun sekali. Dimulai sejak tahun 2009, 2011, 2013 hingga sekarang 2015. Kompetisi ini dibagi menjadi beberapa subtema, yaitu Energy, Efficiency, Affordable Growth, Traffic Growth, Passenger Experience dan Community Friendliness. Sedangkan Rajawali memilih subtema Efficiency.

Hibran menjelaskan, tahun 2015 ini FYI menerima 518 abstrak ide dari mahasiswa seluruh dunia namun hanya 100 tim yang lolos babak kedua.

“Kami berharap bisa lolos ke babak selanjutnya dan mempresentasikan ide di bulan Mei mendatang meski kami mengalami kendala dalam pengembangan ide, terutama untuk biaya riset serta pembuatan video profil yang cukup banyak jumlahnya,”imbuh dia.

Ia berharap hasil kompetisi ini nantinya dapat menambah penghargaan internasional yang bermanfaat bagi mahasiswa di UGM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya