SOLOPOS.COM - ilustrasi (wordpress)

Jakarta (Solopos.com)–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini, Selasa (7/6/2011) menggelar puncak perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Istana Negara. 11 Piala Kalpataru dan 63 Piala Adipura diberikan kepada kelompok, perseorangan dan daerah-daerah yang dianggap layak mendapatkan penghargaan di bidang lingkungan ini.

Acara berlangsung di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, pukul 11.00 WIB. Dua ratusan hadirin tampak hadir, termasuk para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Beberapa menteri yang hadir di antaranya Menteri Lingkungan Hidup, Gusti Muhammad Hatta; Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan; Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, EE Mangindaan dan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih. Hadir pula Ketua MPR, Taufiq Kiemas.

Piala Kalpataru yang diserahkan terbagi dalam empat kategori yakni kategori perintis lingkungan, kategori pengabdian lingkungan, kategori penyelamat lingkungan dan kategori pembinaan lingkungan.

Para peraih Piala Kalpataru di antaranya Sugiarto, warga Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kelompok nelayan Pesisir Karya Segara Serangan, Denpasar Selatan juga berhasil meraih Kalpataru.

Beberapa kabupaten/kota yang mendapatkan Adipura adalah di antaranya Kota Yogyakarta, Palembang, Jepara, Gresik, Pare-pare, Mojokerto, Sragen, Boyolali dan masih banyak lagi daerah-daerah lainnya.

Dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan Adiwiyata Mandiri sekolah-sekolah yang berwawasan lingkungan di seluruh Indonesia. Enam provinsi juga mendapatkan penghargaan penyusun status lingkungan hidup daerah 2010 terbaik, yakni Provinsi Sumbar, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, Kota Padang, dan Kota Tangerang.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya