SOLOPOS.COM - Ilustrasi (beritacyber.com)

Ilustrasi (beritacyber.com)

DENPASAR – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat ini sedang menggodok kemungkinan figur calon pengganti Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Julian Aldrin Pasha, Juru Bicara Kepresidenan mengatakan Presiden Yudhoyono sedang memertimbangkan pengganti Agus menyusul terpilihnya dia sebagai Gubernur Bank Indonesia oleh DPR RI tadi malam. Namun untuk saat ini Agus Martowardojo masih tetap menjabat sebagai Menteri Keuangan hingga dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia.

“Posisi itu (menteri keuangan) tidak akan kosong,” katanya, Rabu (27/3/2013).

Dijelaskannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah melakukan komunikasi dengan Agus Martowardojo setelah yang bersangkutan terpilih sebagai Gubernur Bank Indonesia melalui proses pemungutan suara di DPR.

Presiden Yudhoyono telah berbicara langsung dengan Menteri Keuangan Agus Martowardojo Selasa malam sekitar pukul 22.00 WIB. “Presiden menyampaikan agar Pak Agus Martowardojo menjalankan tugas sebagai Gubernur Bank Indonesia dengan baik dan amanah,” kata Julian.

Sementara itu Staf khusus Presiden bidang Ekonomi Firmansyah mengatakan bahwa masa jabatan Gubernur Bank Indonesia saat ini Darmin Nasution masih hingga Mei 2013 karena itu sejauh ini Menteri Keuangan masih menjalankan tugasnya seperti biasa. “Jadi untuk sementara meskipun di DPR sudah,secara de facto Pak Agus bisa dikatakan sebagai Gubernur BI, secara de jure kan belum dilantik,” katanya.

Sebelumnya, setelah sempat ditolak dalam uji kelayakan dan kepantasan menjadi Gubernur Bank Indonesia oleh Komisi IX DPR pada tahun 2008, Agus Dermawan Wintarto Martowardojo akhirnya lima tahun kemudian disetujui DPR untuk menjadi nakhoda bank sentral Indonesia.

Komisi XI DPR pada Selasa malam melalui pemungutan suara memutuskan memilih Agus Martowardojo menjadi Gubernur BI menggantikan Darmin Nasution yang habis masa jabatannya pada tanggal 22 Mei mendatang. Keputusan Komisi XI diambil setelah sebelumnya dilakukan rapat internal komisi yang berlangsung alot sejak Selasa siang hingga malam ini.

Agus yang masih menjabat Menteri Keuangan sebelumnya pada Senin (25/3) sudah menjalani ujian di hadapan Komisi XI yang juga berlangsung relatif cukup panjang sejak jam 10.00 WIB pagi hingga petang pukul 17.30 WIB. Dari total 54 anggota Komisi XI yang datang mengikuti rapat internal Selasa malam, sebanyak 46 suara setuju memilih Agus, tujuh suara tidak setuju, dan satu suara abstain.

Terpilihnya Agus, sebenarnya sudah bisa diduga sejak awal Presiden Yudhoyono mengajukan calon tunggal Menkeu Agus sebagai calon Gubernur BI kepada DPR pada 22 Februari lalu.

Tanggapan sejumlah anggota DPR dan politikus pada saat itu kebanyakan bernada positif dengan berbagai argumen mendukung, seperti kemampuan dan pengalaman Agus sebagai bankir dan Menteri Keuangan sejak 2010 lalu, yang dinilai memiliki prestasi yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya