SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri, Jakarta, Rabu (15/3/2023). (Dok Setpres RI).

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal kepada Kementerian Pertahanan, Polri, dan TNI karena masih mengimpor kebutuhan operasional, padahal pasar dalam negeri sudah mampu mengakomodasi.

Kekesalan Jokowi itu diungkapkan saat berpidato pada pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri 2023, di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2023).

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Kepala Negara menegaskan industri dalam negeri terus berkembang, salah satunya industri UMKM sehingga dengan membeli produk-produk dalam negeri otomatis akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Sayangnya, menurut Jokowi, sejumlah lembaga masih belum memaksimalkan potensi tersebut.

“Di Kemenhan, di Polri, hingga militer. Kita ini sudah bikin [produk], ekspor ke semua Negara, eh kita malah beli dari luar. Sepatu, senjata. Kalau yang canggih-canggih silakan, kalau mau beli pesawat tempur karena kita memang belum bisa, tetapi kalo senjata, peluru kita sudah bisa, apalagi hanya sepatu, kenapa harus beli dari luar?,” ujarnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyayangkan aksi yang sama juga berlaku terhadap makanan prajurit.

Informasi ini diketahui Jokowi melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan.

“Kemudian, makanan prajurit. Saya dapat cerita, dibisikin Pak Jenderal Luhut Binsar Pandjaitan. Pak Presiden, saya sejak jadi tentara sampai pensiun dan sekarang jadi menteri, penyedia barangnya kok masih sama? Semestinya makin banyak penyedia akan makin baik karena harganya pasti akan kompetitif. Nanti akan saya cek, benar tidak,” pungkas Jokowi.

Saat ini Kemenhan dipimpin oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Polri dipimpin Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, sedangkan TNI dipimpin Laksamana TNI Yudo Margono.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi Sindir Kemenhan dan Kapolri: Masa Sepatu Prajurit dari Luar Negeri?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya