SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara dan Presiden Xi Jinping didampingi istri, berfoto bersama di sela pertemuan keduanya di Chengdu, Tiongkok, Kamis (27/7/2023). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke China, Kamis (27/7/2023).

Rombongan Presiden Jokowi disambut Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping setiba di Chengdu, China.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Dalam pertemuan yang berlangsung di Hotel Jinniu, Chengdu, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas dukungan China terhadap Indonesia yang tengah memegang keketuaan ASEAN.

“Saya sangat mengapresiasi dukungan China untuk keketuaan Indonesia di ASEAN dan sentralitas ASEAN dalam arsitektur regional yang inklusif untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik agar tetap damai, stabil, dan sejahtera,” kata Presiden dalam pengantarnya, sebagaimana keterangan yang diterima di Jakarta, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Presiden menyebut Indonesia dan China telah berhasil menciptakan kemajuan yang nyata atas sejumlah kerja sama, utamanya sejak penyelenggaraan G20 Bali tahun lalu.

“Saya senang banyak kemajuan konkret sejak pertemuan kita di Bali November lalu,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden dan Ibu Negara tiba di Hotel Jiniu sekitar pukul 16.20 waktu setempat.

Setibanya di sana, Presiden dan Ibu Negara kemudian disambut langsung oleh Presiden Xi Jinping dan Madam Peng yang dilanjutkan foto bersama dengan latar bendera dari masing-masing negara.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan itu, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono, dan Duta Besar untuk RRT Djauhari Oratmangun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya