SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers seusai mengunjungi Pasar Palmerah Jakarta, Senin (26/6/2023). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo memilih Yogyakarta sebagai tempat untuk Salat Iduladha 1444 Hijriah, Kamis (29/6/2023).

Pada perayaan Iduladha 2023 Presiden Joko Widodo memberikan 38 ekor sapi yang didistribusikan ke setiap provinsi di Indonesia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Di Jogja,” kata Presiden Jokowi singkat saat ditanya awak media seusai mengunjungi Pasar Palmerah Jakarta, Senin (26/6/2023), seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan jika pada tahun lalu Presiden memberikan setiap ekor sapi di 34 provinsi, pada tahun ini ditambah empat provinsi yang baru terbentuk, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Barat.

Sapi-sapi tersebut, menurut Heru, diberikan sesuai dengan usulan pemerintah provinsi masing-masing.

Sementara itu, dalam proses distribusi, Sekretariat Presiden akan bekerja sama dengan lintas kementerian, seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Agama, Dirjen Dinas Agama untuk bisa memberikan sapi yang sesuai persyaratan, yakni sapi bebas dari penyakit mulut dan kuku, bobot mencapai 900 kilogram sampai 1,2 ton.

Jenis sapi yang diberikan Jokowi adalah jenis simental limosin angus, brahman, dan peranakan ongole dari sapi Bali.

Kementerian Agama resmi menetapkan Hari Raya Iduladha 1444 H pada Kamis (29/6/2023) setelah sidang isbat di Jakarta, Minggu (18/6/2023).

Keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan hasil hisab posisi hilal dan laporan rukyatul hilal.

Dari 99 titik di 34 provinsi pemantauan hilal, tidak ada satu pun yang melaporkan telah melihat hilal.

Muhammadiyah Berterima Kasih

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena memperpanjang libur bersama Iduladha 2023 dari semula hanya sehari pada 29 Juni, menjadi tiga hari, yakni 28 sampai 30 Juni.

Perpanjangan libur bersama Iduladha 2023 menjadi tiga hari itu sebagai bentuk toleransi pemerintah karena Muhammadiyah berhari raya kurban pada Rabu (28/6/2023).

Lebaran Muhammadiyah pada hari Rabu ini sama dengan di Arab Saudi karena ibadah wukuf dilaksanakan pada Selasa (27/6/2023).

Sedangkan berdasarkan ketetapan pemerintah, Iduladha 2023 jatuh pada Kamis (29/6/2023).

“PP Muhammadiyah menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah mengumumkan hari libur tiga hari dalam konteks Iduladha pada 28, 29, dan 30 (Juni),” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir seusai peresmian SM Tower and Convention, Yogyakarta, seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Minggu (25/6/2023).

Menurut Haedar, kebijakan Presiden Jokowi tersebut bermakna perbedaan justru diwadahi, dan diapresiasi oleh negara.

Sehingga, kata dia, masyarakat khususnya umat Islam tidak perlu lagi mempertentangkan perbedaan Lebaran antara pemeritah dan Muhammadiyah karena keduanya sama-sama memakai landasan dalil agama (hujjah).

Haedar menyatakan selain memberikan kelonggaran hari libur, pemerintah juga memperbolehkan fasilitas publik untuk kegiatan perayaan Iduladha yang berbeda.

Menurut dia, bukan hanya Muhammadiyah yang merayakan Iduladha pada 28 Juni akan tetapi banyak komponen umat Islam lain yang merayakan pada tanggal yang sama.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya