SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bandar Udara Internasional Phnom Penh, Kamboja, Rabu (9/11/2022), untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-40 dan ke-41 ASEAN. (ANTARA/ Azis Kurmala)

Solopos.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo alias Jokowi beserta Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Phnom Penh, Kamboja untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-40 dan Ke-41 Asean serta KTT terkait lainnya pada 10-13 November 2022. Dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu (9/11/2022), sekitar pukul 17.00 WITA.

“Saya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT Asean ke-40 dan ke-41, serta KTT terkait lainnya hingga tanggal 13 November 2022. Jumlah pertemuan yang harus saya hadiri cukup banyak, yaitu lebih dari 20 pertemuan,” ujar Jokowi, Rabu (9/11/2022).

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Lebih lanjut, Kepala Negara menjelaskan bahwa salah satu fokus Indonesia dalam KTT Asean tersebut adalah mengenai keketuaan Indonesia di Asean pada 2023. Menurutnya, pada keketuaan Asean di 2023, Indonesia akan mengusung tema Asean Matters: Epicentrum of Growth. “Intinya Indonesia menginginkan agar Asean tetap penting dan relevan atau matters dan Indonesia juga menginginkan Asia Tenggara tetap menjadi epicentrum of growth. Ini bukan tugas yang mudah, tantangan dunia masih akan sangat besar pada 2023. Selain itu, Asean juga hadapi tantangan internal, yaitu situasi di Myanmar,” ujarnya.

Baca Juga Vladimir Putin Puji Kecantikan Connie Rahakundini Bakrie

Seusai menjalani rangkaian pertemuan KTT di Phnom Penh, Jokowi dan Ibu Iriana akan kembali ke Indonesia pada 13 November 2022. Selanjutnya, Presiden Jokowi akan mengikuti rangkaian KTT G20 di Bali.

“Saya akan tiba di Bali, insyaallah, pada 13 November malam dan langsung melakukan kegiatan terkait G20,” ungkapnya.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Presiden Jokowi Bertolak ke Kamboja untuk Menghadiri KTT Asean

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya